Konsep Pendidik Menurut Kitab مِ ْي َعلّ ُمتَ ُم الْ dan تَ ْعلِ ْي relevansinya dengan pendidikan islam

Choirunnisa, Lailatul Fajri and Abdurrahman, Abdurrahman and Nurjannah, Nurjannah (2022) Konsep Pendidik Menurut Kitab مِ ْي َعلّ ُمتَ ُم الْ dan تَ ْعلِ ْي relevansinya dengan pendidikan islam. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
lailatulfajri choirunnisa.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru atau pendidik merupakan suri tauladan yang baik bagi peserta didik. Peran pendidik sangat penting dalam membentuk karakter peserta didik dan menginternalisasikan nilai-nilai etika, moral dan akhlak. Dalam menjalankan perannya tersebut, pendidik dituntut untuk mengayomi semua peserta didiknya. Namun, dalam mendidik peserta didiknya terutama dalam hal kedisiplinan terdapat oknum guru/pendidik yang memperlakukan peserta didik dengan kasar mengakibatkan terjadinya tindak kekerasan fisik maupun mental terhadap peserta didik. Maka, yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana konsep pendidik menurut kitab Ta‟limul Muta‟allim dan relevansinya dengan pendidian islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja konsep pendidik berdasarkan pandangan Kitab Ta‟limul Muta‟allim dan apakah konsep pendidik menurut Kitab Ta‟limul Muta‟allim memiliki relevansinya dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian library research (kepustakaan), sumber data primer adalah syarah kitab Ta‟limul Muta‟allim dan sumber sekundernya adalah terjemah Kitab Ta‟limul Muta‟allim, serta buku-buku lain yang bersangkutan dan relevan. Metode analisis yang digunakan oleh penulis adalah content analysis. Berdasarkan hasil analisis bahwa: konsep pendidik menurut Kitab Ta‟limul Muta‟allim memiliki 6 (enam) konsep yakni; Al-„Alam (lebih alim), wara‟ (menjaga diri dari kemaksiatan), Al-asanna (lebih tua/berpengalaman), berwibawa, penyantun/murah hati, dan yang terakhir adalah penyabar dan kasih sayang. Konsep menurut kitab Ta‟limul Muta‟allim ini memiliki relevansinya dengan pendidikan islam saat ini, hanya cara pelafasannya saja yang berbeda namun makna tetap sama. Hal ini merupakan kriteria yang senantiasa menjadi pertimbangan oleh seorang pendidik/guru, terkhusus kepada pendidik dalam melaksanakan peran sebagai guru diharapkan dapat memberikan kontribusi dan mewujudkan pendidik yang mulia dan berkualitas. Kata kunci: Konsep, Pendidik, Kitab Ta’limul Muta’allim, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Choirunnisa, Lailatul FajriUNSPECIFIED
Abdurrahman, AbdurrahmanUNSPECIFIED
Nurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1542

Actions (login required)

View Item View Item