Husriyanti, Nadia and Kurniawan, Kurniawan and Syaripah, Syaripah (2020) Implementasi Media Stik Sebagai Karya Konstruksi terhadap Kemampuan Pola Pikir Siswa pada Mata Pelajaran Mateatika di SDN 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
IMPLEMENTASI MEDIA STIK SEBAGAI KARYA KONSTRUKSI TERHADAP KEMAMPUAN POLA PIKIR SISWA PADA MATA PE.pdf - Accepted Version Download (363MB) |
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui: 1) pola pikir siswa sebelum mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi, 2) pola pikir siswa setelah mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi. 3) jika ada peningkatan pola pikir siswa sebelum dan sesudah mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian berupa quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah 46 siswa yang terdiri dari 23 siswa kelas III A dan 23 siswa kelas III B. Teknik pengambilan sampel dan pengumpulan data dilakukan dengan total Sampling. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Adapun instrumen yang digunakan ialah lembar observasi (aktivitas guru dan siswa) dan tes (pre tes dan pos tes). Teknik analisis data dengan uji hipotestis (t test) dan dengan analisa hasil observasi. Hasil penelitian meunjukan bahwa: 1) Pola pikir siswa sebelum mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi . Pada pre tes beberapa kategori sebagai berikut: Sangat Tinggi terdapat 5 (21,73%), Tinggi terdapat 4 (17,39%), Cukup ada 4 (17,39%), kurang 10 (43,47%) dan sangat kurang 1 orang (4, 34%). Pada pos tes tuntuk Sangat Tinggi ada 7 (30,43%), Cukup ada 7 (30,43%), Kurang ada 5 (21,73%) dan sangat kurang ada 4 (17,39%). Pada aktivitas guru skor 32,5 dengan Kurang Baik (C). Pada aktivitas siswa 25,5 atau Kurang (C). 2)Pola pikir siswa setelah mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi, dari pre tes nilai Sangat Tinggi ada 8 (34,78%), dan tidak ada kategori Tinggi sangat Kurang, Cukup ada 4 (17,39%), Kurang ada 11 (47,82%). Untuk pos tes Sangat Tinggi ada 5 (21,73%), Tinggi ada 5 (21,73%), Kurang ada 13 (56,52%). Untuk aktivitas siswa skor 42 termasuk kategori Baik (B). 3)Peningkatan pola pikir siswa sebelum dan sesudah mengimplementasikan media stik sebagai karya konstruksi. Perbandingan antara t tes dan t hitung dan t tabel yakni 1, 365<3,485 bahwa media stik memberikan pengaruh yang positif atau dapat meningkatkan hasil belajar siswa selain itu mengalami peingkatan yang postif pula pada aktivitas guru dan siswa yang awalnya kurang dan menjadi Baik
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Stik, Karya Konstruksi dan Pola Pikir | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:45 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:45 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1541 |
Actions (login required)
View Item |