Pelaksanaan Interaksi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas V Min 2 Ketenong 1 Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong

Julita, Norma and Kubuwono, Hameng and Arbaini, Wiwin (2018) Pelaksanaan Interaksi Teman Sebaya Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas V Min 2 Ketenong 1 Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
BAKAR 01 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam pelaksanaan interaksi teman sebaya sudah terjadi tetapi belum optimal, karena banyak siswa yang interaksinya belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pelaksanaan interaksi teman sebaya yang di laksanakakan pada siswa kelas V di MIN 2 Ketenong 1 Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. 2) mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan interakasi teman sebaya untuk meningkatkan semangat belajar siswa dalam proses belajar mengajar kelas V di MIN 2 Ketenong 1 Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. 3)mengetahui hambatan pelaksanaan interaksi teman sebaya dalam meningkatkan semangat belajar siswa kelas V baik di dalam kelas maupun di luar kelas di MIN 2 Ketenong Kecamatan Pinang Belapis Kabupaten Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jumlah Subjek penelitian ini adalah 3 orang guru yang mengajar di kelas V di MIN 2 Ketenong 1. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini terbagi dua macam adalah primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dilengkapi dengan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan dengan reduksi data, displai data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1)Bentuk Pelaksanaan interaksi teman sebaya dalam meningkatkan semangat belajar siswa Pertama, guru di kelas V menggunakan teman dekat. Kedua, Guru-guru menerapkan kelompok sahabat. Ketiga, Kelompok besar Guru memberikan tugas kelompok untuk belajar yang efektif. Keempat, guru yang diselenggarakan kelas yang efektif dengan memberikan tugas kelompok. Kelima, Kelompok yang terorganisasi. 2) Faktor Pendukung Pelaksanaan interaksi teman sebaya dalam meningkatkan semangat belajar siswa: pertama, aktivitas, kedua, Lingkungan kelompok, Keempat, Partisipasi dalam kelompok. 3) Faktor Penghambat Pelaksanaan interaksi teman sebaya dalam meningkatkan semangat belajar siswa ialah pertama, intelegensi. Kedua, Minat belajar yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi, sebaliknya minat belajar kurang akan menghasilkan prestasi yang rendah . Ketiga, Bakat (aptitude) adalah kemampuan potensial yang dimiliki seseorang untuk mencapai keberhasilan pada masa yang akan datang. Kelima, Sikap adalah gejala internal yang berdimensi afektif berupa kecendrungan untuk mereaksi atau merespon (respon tendency) dengan cara relatif tetap terhadap obyek orang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Julita, NormaUNSPECIFIED
Kubuwono, HamengUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Teman Sebaya dan Semangat Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:14
Last Modified: 19 Oct 2019 12:14
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item