Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 113 Rejang Lebong

Lestari, Uci and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Model Problem Based Learning Siswa Kelas IV SD Negeri 113 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERPADU BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING SISWA KELAS IV SD NEGERI 113 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa SD Negeri 113 Rejang Lebong dalam mengembangkan bahan ajar tematik terpadu berbasis model problem based learning. Permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini yaitu guru masih terpaku dengan Kurikulum 2006 (K-2006) yang mengakibatkan proses pembelajaran di dalam kelas kurang efektif, tidak adanya interaksi timbal balik baik siswa dengan siswa maupun guru dengan siswa. Berdasarkan fakta yang diperoleh di lapangan menunjukkan bahwa kompetensi yang di miliki siswa terutama dalam pemecahan masalah baik dari segi individu maupun kelompok siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah pada pembelajaran tematik siswa akan mempengaruhi kualitas belajar, karena siswa belum mampu memecahkan masalah dalam kehidupan nyata sehingga berdampak pada rendahnya prestasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini menggunakan R&D (Research And Development) dengan model ADDIE dikarenakan model tersebut lebih rasional dan lebih lengkap dari pada model pengembangan 4-D, dengan memiliki kesamaan dengan model pengembangan sistem basis data. Keunggulan model ADDIE seperti yang kita ketahui adalah sederhana, sistematis, dan mudah di pelajari artinya model ini harus di gunakan secara sistematis dan tidak bisa di acak urutannya dalam penerapannya, sehingga model ini lebih mudah dipahami. Dari penelitian yang telah di lakukan maka dapat di simpulkan bahwa hasil angket persepsi guru dan siswa kelas IV SD Negeri 113 Rejang Lebong menunjukkan bahwa 25,83% guru 14% siswa menyatakan bahwa bahan ajar yang di gunakan selama ini sesuai dan 22,5% guru dan 14,25% siswa menyatakan tidak sesuai. Selanjutnya hasil angket kebutuhan siswa dan guru menunjukkan bahwa 49,17% guru dan 76,25% siswa menyatakan sangat dibutuhkan. Serta 0% guru dan 0% siswa menyatakan tidak dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, UciUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Tematik Terpadu - Problem Based Learning (PBL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:45
Last Modified: 21 Feb 2023 07:45
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1539

Actions (login required)

View Item View Item