Implementasi Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa SDN 18 Rejang Lebong

Sintia, Nabillah Gita and Warlizasusi, Jumira and Khair, Ummul (2020) Implementasi Program Adiwiyata dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Siswa SDN 18 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI PROGRAM ADIWIYATA DALAM MEMBENTUK KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA SDN 18 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Dilingkungan, semua kebutuhan hidup manusia telah tersedia sehingga ada upaya yang dilakukan oleh manusia untuk mengeksploitasi lingkungannya demi hajat hidupnya. Sehingga muncullah berbagai permasalahan lingkungan seperti kekurangan oksigen, kepanasan, kebanjiran, tanah longsor, kekeringan, kekurangan air bersih, terkena penyakit yang dapat membahayakan makhluk lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program Adiwiyata SDN 18 Rejang Lebong, membentuk karakter peduli lingkungan siswa SDN 18 Rejang Lebong, implementasi program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa SDN 18 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Adapun yang menjadi subyek pada penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, staff, dan siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi teknik, sumber, dan waktu. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa dalam implementasi Program Adiwiyata dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa SDN 18 Rejang Lebong telah sesuai dengan prinsip-prinsip dan standar komponen Adiwiyata yakni: 1). Kebijakan sekolah berwawasan lingkungan, dilihat dari visi misi serta kegiatan sekolah yang mencantumkan upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup 2). Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan dilihat dari tenaga pendidik mengembangkan materi dan murid melakukan kegiatan pembelajaran mengenai perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup 3). Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, dimana seluruh siswa terlibat dalam kegiatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup serta sekolah menjalin kemitraan dengan berbagai pihak dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup seperti pihak masyarakat, Badan Pom dan kehutanan sebagai upaya memberi pembelajaran langsung kepada siswa mengenai upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup 4). Pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan, dimana sekolah selalu berusaha untuk menyediakan dan meningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung ramah lingkungan seperti sarana air bersih, sarana kotak sampah, dan pelayanan kantin sehat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sintia, Nabillah GitaUNSPECIFIED
Warlizasusi, JumiraUNSPECIFIED
Khair, UmmulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Adiwiyata, Peduli Lingkungan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item