Perbedaan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Challenge Based Learning dan Model Pembelajaran Ceramah Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Semende Darat Ulu

Ayuzalpiyah, Ayuzalpiyah and Arbaini Wahyuningsih, Wiwin and Rahmadeni, Fevi (2022) Perbedaan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Pada Model Pembelajaran Challenge Based Learning dan Model Pembelajaran Ceramah Pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Semende Darat Ulu. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi AYUZALPIYAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis siswa adalah model pembelajaran Challenge Based Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan literasi matematis siswa pada model pembelajaran Challenge Based Learning dan model pembelajaran ceramah. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif yang bersifat penelitian eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan yaitu pretest-postetst control group design. Populasi dasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 02 Semende Darat Ulu. Teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling yaitu pengambil sampel dilakukan dengan pengundian sederhana yang menghasilkan kelas VIII A menjadi kelas eskperimen dan kelas VIII B menjadi kelas kontrol. Uji coba instrument yang dilakukan adalah uji validasi ahli, dengan instrument penelitian yaitu tes, angket, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t 2 sampel independent. Dalam pelaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Challenge Based Learning pada materi peluang terdapat perbedaan kemampuan literasi matematis siswa pada model pembelajaran ceramah dengan thitung≥ ttabel yaitu 46,37 ≥ 1,729 sehingga H0 ditolak yang artinya H1 diterima. Kemampuan literasi siswa ditinjau dari hasil rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 39 dan posttestnya adalah 60,5 sedangkan hasil pretes kelas control yaitu 39,0 dan postetsnya adalah 50,0 dengan demikian terdapat perbedaan hasil test dari masingmasing kelompok, yang artinya kemampuan literasi matematis siswa lebih efektif menggunakan model pembelajaran challenge based learning dibandingkan dengan penggunaan model pembelajaran ceramah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ayuzalpiyah, AyuzalpiyahUNSPECIFIED
Arbaini Wahyuningsih, WiwinUNSPECIFIED
Rahmadeni, FeviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Challenge Based Learning, Model Pembelajaram Ceramah, Kemampuan Literasi Matematis.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1528

Actions (login required)

View Item View Item