Analisis Konsep Guru dan Proses Belajar Mengajar (Studi Teks Buku “Pendidikan Dalam Prespektif Al-Qur’an” Karya Abuddin Nata)

Sari, Kurnia and Kurniawan, Kurniawan and Fathurrohman, Irwan (2022) Analisis Konsep Guru dan Proses Belajar Mengajar (Studi Teks Buku “Pendidikan Dalam Prespektif Al-Qur’an” Karya Abuddin Nata). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Kurnia Sari 77.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang konsep guru dan proses belajar mengajar dalam prespektif Al-Qur’an. Dalam fitrahnya Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan manusia dan Al-Qur’an sebagai kitab pendidikan Islam yang menjadi pedoman mutlak petunjuk jalan kebenaran bagi umat muslim. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui, mengkaji serta menganalisis konsep guru dan proses belajar mengajar dalam prespektif AlQur’an menururt Prof. Dr. Abuddin Nata M.A dalam bukunya yang berjudul “Pendidikan Dalam Prespektif Al-Qur’an. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif analisis dan content analisi dengan pendekatan libraryry research. Yaitu lebih menitikberatkan pada pengumpulan data dari berbagai sumber yang relevan dan analisis isi. Sumber primer yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu buku karya Prof. Dr. H. Abuddin Nata M.A yang berjudul “ Pendidikan Dalam Prespektif Al-Qur’an” dan sumber data skunder dari buku-buku yang berkaitan dengan penelitian, berbagai jurnal, skripsi dan tesis yang berkaitan dengan konsep guru proses belajar mengajar dalam prespektif Al-Quran dan pembelajaran yang dilakukan berkaitan dengan pendidikan dalam prespektif AlQur’an. Hasil penelitian menunjukan bahwawasanya menururt Abuddin Nata, Pendidik (Guru) ialah seorang yang melakukan kegiatan proeses belajar mengajar serta memberikan pengetahuan, keterampilan, pendidikan, dan juga seorang guru haruslah memiliki niat yang ikhlas karena Allah SWT. Akhlak baik seorang pendidik menjadi elemen vital yang harus dimiliki oleh setiap pendidik sesuai dengan syariat islam dan tuntunan Al-Qur’an. Karena seorang pendidik harus bisa menjadi “Uswatun Hasanah” peserta didiknya. Seorang gurur harus menguasai ilmu yang akan diajarkanya dan melakukan proses belajar mengajar yang jauh dari kesia-siaan dalam arti lain pendidik harus mampu mengemban tugas sebagai pendidik dengan amanah dan terus belajar agar dapat memberikan pengajaran dengan maksimal. Kata Kunci: Konsep Guru, Proses Belajar Mengajar, Prespektif Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Sari, KurniaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Fathurrohman, IrwanUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1527

Actions (login required)

View Item View Item