Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong

Hartika, Mila and Kusen, Kusen and Rini, Rini (2020) Penggunaan Media Pembelajaran Visual dalam Mata Pelajaran IPA Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 REJANG LEBONG.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era globalisasi ini, ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat baik teknologi informasi maupun teknolgi komunikasi. Hal tersebut tersebut memberikan pengaruh di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Pendidikan memanfaatkan teknologi untuk mempermudah proses pendidikan, salah satunya adalah keberadaan multimedia sebagai media pembelajaran interaktif. Penulis ingin melihat sejauh mana penggunaan atau penerapan media pembelajaran visual dalam proses pembelajaran yang berkaitan media yang menarik, inovatif, interaktif dan sesuai dengan perkembangan teknologi yang dapat di gunakan sebagai media. Tujuan dari penelitian ini adalah Dapat mengetahui bagaimana proses penggunaan media pembelajaran visual dalam mata pelajaran IPA pada kelas V MIN 1 Rejang Lebong dan Dapat mengetahui bagaimana kualitas media visual dalam penggunaan media visual. Penelitian ini bersifat penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis yang menggunakan pendekatan kualitatif. Kesimpulan penelitian ini, proses pembelajaran IPA menggunakan media visual pada kelas V Madrasah Ibidaiyah Negeri 1 Rejang Lebong dengan penggunaan prosedur-prosedur pertama tahap persiapan mempersiapkan serta memperhatikan materi yang akan disampaikan waktu yang akan mendatang, setelah mengetahuinya memilih media yang berkenaan dengan materi yang hendaknya selaras atau maksudnya materi dengan media saling berhubungan dan menunjang tujuan pembelajaran. Kedua memperhatikan ketersediaan media yang pilih tersebut dengan mempertimbangkan dalam penjelasan disekolah atau fasilitas yang ada disekolah. guru mempertimbangkan biaya yang dikeluarkan dalam penggunaannya yang mana tidak merugikan pribadi. Terakhir kemampuan juga perlu diperhatikan dalam menggunakan media pembelajaran tersebut agar terhindar hal-hal yang tidak diinginkan. Bahwasanya Madrasah Ibtidaiya Negeri 1 Rejang Lebong telah menggunakan media Pembelajran visual dengan kualitas yang cukup baik dimana bisa dilihat dengan hasil yang diperoleh bahwasanya nilai yang cukup memuaskan dengan mata pelajaran IPA di kelas V yang efektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Hartika, MilaUNSPECIFIED
Kusen, KusenUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran Visual Dan Pembelajaran IPA Kelas V
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1524

Actions (login required)

View Item View Item