Strategi Peaku Umkm Muslim Dalam Mempertahankan Usahanya Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong)

Jayanti, Kristina and Hendrianto, Hendrianto and Ghoni, M. Abdul (2022) Strategi Peaku Umkm Muslim Dalam Mempertahankan Usahanya Ditengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong). Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
kristina jayanti(1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya keluhan dari umkm dikarenakan pandemi Covid-19 ini. Dampaknya, banyak umkm yang memiliki penurunan pendapatan, bahkan tanpa pendapatan namun harus membayar pengeluaran rutin seperti menggaji karyawan, membayar listrik dan membayar sewa tempat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi pelaku umkm muslim dalam mempertahankan usahanya ditengah pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui strategi tersebut sudah sesuai atau belum dengan prinsip ekonomi Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data penelitian bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer yang diperoleh dari hasil observasi dan pengamatan langsung ke lokasi penelitian melalui wawancara. Data sekunder diperoleh dari perpustakaan, buku-buku literature dan jurnal-jurnal yang berkaitan dengan penelitian ini. Ada banyak strategi yang dapat dilakukan oleh para pelaku umkm Muslim namun bagaimana strategi tersebut dalam pandangan ekonomi islam. Dari penelitian yang dilakukan ini di dapatkan beberapa strategi yang dilakukan oleh para Pelaku UMKM Muslim di Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong diantaranya adalah strategi memberikan diskon, menjaga kualitas produk, menjaga kepercayaan pelanggan, menjual daganggan sesuai dengan perkembangan zaman/trend, bekerjasama dengan ojek online/offline, menjual daganggan secara online seperti(Fb, Whatsapp, Telepon). Dan ditinjau dari strategi pemasaran Islam para Pelaku UMKM Muslim yang ada di Pasar Atas Kabupaten Rejang Lebong sebagian telah sesuai menerapkan teori pemasaran Islami yang mencontoh praktik pemasaran Nabi Muhammad SAW yaitu Shiddiq(Jujur dan benar), Amanah(Dapat dipercaya), Fathanah(Cerdas) dan Tabligh(komunikatif). Dengan menerapkan prinsip ekonomi Islam mereka juga dapat memilih strategi yang tepat dan sesuai yang tidak menyimpang dari kaidahkaidah islam, dengan demikian dapat mencegah perbuatan yang menyimpang dan merugikan pihak lain. Kata Kunci : Strategi, UMKM, Covid-19, Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Jayanti, KristinaUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Ghoni, M. AbdulUNSPECIFIED
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:44
Last Modified: 21 Feb 2023 07:44
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1523

Actions (login required)

View Item View Item