Kurnia, Mia and Ratnawati, Ratnawati and Putra Jaya, Guntur (2020) Penanaman Karakter Religius Melalui Budaya Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun (5S) Siswa Kelas V di MIS Guppi 13 Curup. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
MIA KURNIA.pdf - Accepted Version Download (5MB) |
Abstract
Pada saat ini banyak sekali pseserta didik yang tidak membiasakan untuk menanamkan karakter religius pada dirinya. Banyak kita temukan bahwa mewujudkan suasana keagamaan untuk menanamkan karakter Religius di sekolah masih jauh dari apa yang diharapkan. Dalam hal ini di MIS Guppi 13 Curup melaksanakan budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Santun) untuk menanamkan karakter religius siswa. Dengan adanya program 5S agar siswa terbiasa untuk menanamkan karakter religius tidak hanya dalam kegiatan keagamaan saja. Penulis ingin mengetahui penanaman karakter religius melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) siswa kelas V di MIS Guppi 13 Curup. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wali kelas , guru PAI dan siswa kelas V MIS Guppi 13 Curup. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses analisis data terdiri dari reduksi data, menyajikan data dan menyimpulkan. Hasil dari penelitian ini adalah, penanaman karakter religius melalui budaya 5S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) kelas V di MIS Guppi 13 Curup yaitu peserta didik wajib mengucapkan salam ketika akan masuk dan keluar kelas atau ruangan, berjabat tangan sambil mengucapkan salam dengan para guru, Selalu bertegur sapa ketika bertemu teman sambil tersenyum, Bertindak atau berperilaku yang sopan, Bertutur kata yang santun dan baik ketika berbicara. Untuk menanamkan karakter religius melalui budaya 5S tersebut diperlukan beberapa metode yaitu metode pembiasaan, nasehat, keteladanan, perhatian, hukuman. Faktor yang menjadi pendukung dalam menanamkan karakter religius melalui budaya 5S kelas V di MIS Guppi 13 Curup yaitu semua warga sekolah beragama islam dan guru juga menerapkan budaya 5S. Faktor penghambat yaitu karena faktor lingkungan dan perbedaan pola pembentukan karakter disekolah dan dirumah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Penanaman, Karakteri Religius, Budaya 5Si (Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun) | ||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1520 |
Actions (login required)
View Item |