Peran Guru Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 107 Rejang Lebong

Irawan, Megi and Sugiatno, Sugiatno and Amin, Muhammad (2020) Peran Guru Mengembangkan Keterampilan Berbahasa Siswa Kelas IV pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SDN 107 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Megi Irawan.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya kemampuan berbahasa siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia, kemudian belum tampaknya peran guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa siswa kelas 1V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di SDN 107 Rejang Lebong. Pendidikan adalah upaya yang dilakukan berbagai lapisan masyarakat dalam kegiatan pengajaran, pelatihan, dan pembiasaan sebagai bentuk usaha untuk mengetahui apa saja factor-faktor terjadinya keterampilan berbahasa siswa. Salah satu sector penting dalam pembangunan disetiap negara. Berhasil tidaknya pendidikan yang dilaksanakan akan menentukan maju mundurnya Negara tersebut. Disini diajarkan mata pelajaran bahasa Indonesia pelajaran ini menitik beratkan pada di sebut keterampilan berbahasa. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, yaitu pendekatan penelitian yang mendiskripsikan atau menjelaskan fenomena serta pristiwa sosial yang terjadi di masyarakat. Teknik pengumpulan datan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun yang menjadi subyek pada penelitian ini ialah kepala sekolah, guru, dan siswa. Sedangkan menjadi objek penelitian adalah beberapa informan siwa, guru bahasa Indonesia. Pengolahan dan analisis data terdiri dari tiga tahapan, yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Adapun data menggunakan trianggulasi teknik, sumber, dan waktu. Pengambilan kesimpulan mengunakan teknik deduksi dan induksi. Hasil penelitian ini adalah: Pertama, keterampilan berbahasa siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV masih rendah dalam hal membaca, menulis, mendengar, dan menyimak. Kedua, peran guru kelas dalam mengembangkan keterampilan berbahasa yaitu membaca, menulis, mendengar, dan menyimak siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas IV sangat dominan dan penting dalam proses belajar mengajar. Ketiga, kendala guru dalam mengembangkan keterampilan berbahasa adalah minim media dan keterbatasan sarana dan prasana pembelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Irawan, MegiUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Peran Guru Keterampilan Berbahasa
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item