Analisis Metode Pembelajaran PAI Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Sekolah Luar Biasa (SLB) Kepahiang

Wira Ningsih, Ayu and Ifnaldi, Ifnaldi and Nurjannah, Nurjannah (2022) Analisis Metode Pembelajaran PAI Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di SMP Sekolah Luar Biasa (SLB) Kepahiang. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Ayu Wira Ningsih.pdf

Download (5MB)

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus merupakan individu yang memiliki keterbatasan fisik, mental, emosional, intelektual dan sosial. Setiap anak berhak memperoleh kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu di bangku pendidikan. Lembaga pendidikan yang sesuai untuk anak berkebutuhan khusus yaitu di Sekolah Luar Biasa. Agar proses pembelajaran di Sekolah Luar Biasa dapat berjalan dengan lancar dan optimal, maka diperlukan metode pembelajaran yang sesuai. Sebab metode pembelajaran adalah komponen yang juga mempunyai fungsi yang sangat menentukan keberhasilan pencapaian tujuan yang sangat ditentukan oleh komponen ini. Metode pembelajaran menempati posisi yang cukup penting sebagai salah satu komponen sistem pendidikan, terlebih terhadap anak berkebutuhan khusus yang memiliki kekurangan dalam keterbatasan fisik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodelogi penelitian yang jenis penelitiannya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif yang prosedur penelitiannya menghasilkan data deskriptif dapat berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, yang dapat memperoleh data berupa kalimat-kalimat deskriptif dan gambar-gambar visual. Sumber data yang digunakan ada tiga subyek dalam penelitian ini yaitu 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru yang berasal dari jurusan ABK, dan 1 orang guru pendidikan agama islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis data menggunakan empat kriteria yang digunakan dalam menguji data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data penelitian ini menggunakan proses validitas melalui teknik triangulasi data. Dari hasil penelitian diperoleh metode pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus yang secara umum meliputi komunikasi (communication), tugas analisis (task analysis), instruksi langsung (direct intruction), prompts, dan pembelajaran kooperatif (cooperative learning). Namun metode pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan keterbatasan yang dimiliki oleh anak berkebutuhan khusus. Sedangkan jika disesuaikan rumusan masalah metode pembelajaran dilihat dari ketiga sifat, yaitu: 1) metode pembelajaran PAI yang bersifat pemahaman, meliputi metode ceramah, metode tanya jawab, metode diskusi, metode pemberian tugas. 2) metode pembelajaran PAI yang bersifat hafalan, meliputi metode Muroja’ah, metode kawan sebaya, metode pengelompokan dan metode Drill. 3) metode pembelajaran PAI yang bersifat praktek, meliputi etode Drill, metode pemberian tugas, metode eksperimen dan metode demonstrasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Wira Ningsih, AyuUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Nurjannah, NurjannahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Siswa Berkebutuhan Khusus
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1518

Actions (login required)

View Item View Item