Navratilofa, Martina and Asha, Lukman and Nurmal, Ifnaldi (2020) Stategi Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Madrasah Efektif di Madrasah Aliayah Negeri Curup Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.
Text
STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH EFEKTIF DI MAN CURUP KABUPATEN REJANG LEBON.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kepala madrasah harus dapat mengembangkan madrasah efektif dimana madrasah yang memiliki tujuan visi-dan misi dibangun dengan kemandirian, inovasi dan iklim madrasah yang mendukung bagi warganya untuk mengembangkan kreativitas dan sikap kritis. Untuk ini kepala madrasah harus memiliki strategi yang tepat agar dapat meningkatkan profesinya sebagai guru sekaligus pemimpin yang selalu bekerjasama dengan para guru dan tenaga administrasi yang ada di madrasah sehingga terciptalah madrasah efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1). bagaimana strategi kepala madrasah (2). bagaimana mengembangkan madrasah efektif, dan (3). bagaimana strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah efektif. di MAN Curup Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kulitatif Deskriptif Analitik. Data penelitian dihimpun melalui sumber data primer dan sumber data sekunder dan metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya analisis pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian bahwa strategi kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah efektif meggunakan semua strategi yaitu strategi hirarki dan strategi transformasional dan strategi fasilitatif. Strategi fasilitatif artinya tindakan kepala madrasah harus dapat menangani hambatan sumber daya manusia, membangun tim kerja, memberikan umpan balik, koordinasi, manajemen, menciptakan jaringan komunikasi kerjasama dan sesebagai model dalam visi dan misi madrasah. Strategi fasilitatif juga menjadikan guru sebagai teman harian agar komunikasi formal maupun non formal berjalan dengan baik dan adanya peran baru kepemimpinan untuk memudahkan pegawai dalam menjalankan tugasnya yang dimulai dari membentuk hubungan kerjasama dan komunikasi yang baik. Untuk mengembangkan madrasah efektif kepala madrasah harus dapat memandang madrasah sebagai suatu sistem, mampu mengembangkan gaya kepemimpinan,bekerjasama dengan warga madrasah sebagai satu tim dalam mencapai tujuan madrasah, mengembangkan strategi-strategi untuk membantu guru dan siswa. Upaya yang dilakukan kepala madrasah sudah memenuhi kriteria madrasah efektif dan prinsip-prinsip manajemen dan kepemimpinan yang efektif. Dengan demikian madrasah efektif sangat tergantung pada semua warga madrasah dalam memanfaatkan sumber daya yang ada dilingkungan madrasah.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Strategi Kepala Madrasah dan Madrasah Efektif. | ||||||||
Subjects: | L Education L Education > L Education (General) L Education > LA History of education |
||||||||
Divisions: | Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2 | ||||||||
Depositing User: | Mr hardinata | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:43 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:43 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1517 |
Actions (login required)
View Item |