Komunikasi Pemasaran Sales KemplangPanggang Perspektif Etika Bisnis Islam

Tika Pusfita, Ayu and Istan, Muhammad and Ilhamiwati, Mega (2022) Komunikasi Pemasaran Sales KemplangPanggang Perspektif Etika Bisnis Islam. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Ayu Tika Pusfita.pdf

Download (3MB)

Abstract

Setiap aktivitas bisnis, aspek etika merupakan hal mendasar yangharus selalu diperhatikan, misalnya berbasis dengan baik, didasari imandan taqwa, sikap baik budi, jujur dan amanah, tidak menipu, tidakmerampas, tidak mengabaikan sesuatu, tidak semena-mena(proporsional ), ahli dan profesional, serta tidak melakukan pekerjaanyangbertentangan dengan hukum Allah atau syariat Islam. Penelitianini bertujuan untuk mengetahui bagaimana komunikasi pemasaransaleskemplang yang berada di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit KabupatenMusi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Mengetahui jugabagaimana tinjauan etika bisnis Islam dan faktor penghambat etikabisnisIslam pada sales kemplang yang berada di Desa Sungai Jernih KecamatanRupit Kabupaten Musi Rawas Utara Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalahmetode penelitian kualitatif, dengan menggunakan tekhnik pengumpulandata melalui Obeservasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun tempat penelitian ini adalah di Desa Sungai Jernih Kecamatan Rupit KabupatenMusi Rawas Utara. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil dankesimpulan bahwa: Komunikasi pemasaran sales kemplang yakni ramah, sopan santun dan sabar serta bertanggung jawab seutuhnya kepadapembeli. Namun, masih ada sales yang memainkan harga danunsur pemaksaan terhadap pembeli. Sales menggunakan bentuk komunikasi interpersonal communication dan mass communication . Terkait tinjauanetika bisnis Islam pada komunikasi pemasaran sales kemplang di DesaSungai Jernih ini belum sepenuhnya sesuai dengan etika bisnis Islam. Seperti yang terjadi di desa ini masih terdapat hal-hal yang dianggapmerugikan salah satu pihak contohnya dalam mekanisme cacat danbagusnya kemplang yang tidak jujur, sering melakukan sumpah palsu, danpelayanan yang kurang baik. Dalam pelaksanaannya, tentu memiliki hambatan yang dihadapi. Adapun hambatan dalamkomunikasi pemasaran perspektif etika bisnis Islam ini yaitu tidak selalu xvi mengucapkan salam, tidak selalu transparan, tidak selalu menyapa, tidakselalu tepat waktu, tidak adil, dan tidak pahametika bisnis Islam. Komunikasi pemasaran Perspektif Etika Bisnis Islamtersebut memberikan efek kepada calon konsumen maupun konsumen, meskipunterdapat beberapa hambatan namun dapat di atasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Tika Pusfita, AyuUNSPECIFIED
Istan, MuhammadUNSPECIFIED
Ilhamiwati, MegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Etika Bisnis Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1514

Actions (login required)

View Item View Item