Implementasi Manajemen perpustakaan Dalam Upaya peningkatan Kualitas Pelayanan di SMA negeri 6 Lubuklinggau

Subowo, Ibnu and Asha, Lukman and Ifnaldi, Ifnaldi (2020) Implementasi Manajemen perpustakaan Dalam Upaya peningkatan Kualitas Pelayanan di SMA negeri 6 Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
IMPLEMENTASI MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN vDI SMA NEGERI 6 .pdf

Download (2MB)

Abstract

Perpustakaan adalah salah satu bagian dari kegiatan proses belajar mengajar yang tidak bisa dipisahkan dari keberadaannya suatu Sekolah/Madrasah. Dalam mewujudkan dan melaksanakan tercapainya perpustakaan yang mempunyai nilai-nilai pendidikan tentulah dalam proses pelayanan harus memberikan nilai manfaat bagi terselenggaranya proses belajar mengajar. Keberadaan perpustakaan saat ini belum sepennuhnya dimanfaatkan oleh dewan guru, siswa, ataupun tenaga pendidik yang lainnya. Karena minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan tersebut. Untuk menumbuhkan dan mengembangkan minat baca dari sejak usia dini, tentulah mempunyai inovasi dan kemauan yang baik, yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan bagi lembaga Sekolah/Madrasah tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kehidupan atau obyek yang sebenarnya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dari teknik tersebut dianalisa dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi (kesimpulan). Temuan penelitian yang dilakukan adalah menunjukan hasil sebagai berikut: bahwa Implementasi Manajemen Perpustakaan di SMA Negeri 6 Lubuklinggau, telah berjalan dengan baik, sesuai dengan Perencanaan (Planning), Pengorganisasian (Organizing), Pengarahan (Actuanting) serta Pengawasan (Controling). Upaya Peningkatan Kualitas Pelayanan, telah berjalan dengan baik, walaupun minimnya sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perpustakaan. Suatu kerja sama yang baik dan komunikasi secara terbuka antara Kepala Sekolah, Kepala Perpustakaan, Kepala Tata Usaha, Guru, Murid, Komite Sekolah dan Pustakawan. Sehingga upaya peningkatan kualitas pelayanan di perpustakaan menjadi lebih baik dan menumbuhkan minat baca bagi semua kalangan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Subowo, IbnuUNSPECIFIED
Asha, LukmanUNSPECIFIED
Ifnaldi, IfnaldiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen Perpustakaan dan Kualitas Pelayanan.
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1512

Actions (login required)

View Item View Item