Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOST) pada Sekolah Dasar

Viviang, Tiara and Susilawati, Susilawati and Syaripah, Syaripah (2020) Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOST) pada Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENILAIAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOST) PA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang terdapat dalam penelitian ini adalah Mendikbud menyatakan bahwa Higher Order Thinking Skill (HOTS) perlu diterapkan disekolah karena soal-soal seperti salah satunya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sangat membutuhkan daya nalar yang tinggi atau yang disebut dengan Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill diharapkan bisa mencapai tiga ranah penilaian yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Sekolah Dasar. Untuk mengetahui bagaimanakah Penilaian Pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Pendekatan penelitian ini adalah metode library research, di mana sumber data diperoleh dari buku HOTS karangan R Arifin Nugroho dan buku Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar karangan Usman Samawota. Teknik pengumpulan data diperoleh dari editing, organizing, penarikan kesimpulan. Teknik analisis data dengan cara analisis deskriptif, analisis isi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tahap penyusunan soal Higher Order Thinking Skill untuk penilaian adalah Menganalisis KD, Menyusun kisi-kisi soal, Memilih stimulus yang menarik dan kontekstual, Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal, Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban. (2) Tahapan penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill pada pembelajaran IPA Menganalisis KD, Membuat indikator soal yang mengacu pada materi IPA sesuai dengan KD yang telah ditentukan, Menyusun kisi-kisi soal sebagai pedoman untuk membuat soal. Menulis butir soal berdasarkan kisi-kisi soal dengan memperhatikan kaidah penulisan butir soal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Viviang, TiaraUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran IPA, Higher Order Thinking Skill (HOTS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:43
Last Modified: 21 Feb 2023 07:43
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1508

Actions (login required)

View Item View Item