Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional Gobak Sodor di MIS Guppi 12 Rejang Lebong

Susanti, Susanti and Sugiatno, Sugiatno and Sahib, Abdul (2020) Nilai-Nilai Karakter pada Permainan Tradisional Gobak Sodor di MIS Guppi 12 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
NILAI NILAI KARAKTER PADA PERMAINAN TRADISIONAL GOBAK SODOR DI MIS GUPPI 12 REJANG LEBONG.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Masalah utama dalam penelitian ini adalah Permainan tradisional saat ini sangat jarang di mainkan oleh siswa usia sekolah dasar di era modern ini Padahal, permainan tradisional ini bukan sekadar permainan, melainkan juga bisa mengajarkan anak-anak bersikap sportif, saling menghargai, ketelitian, kerja sama, serta bertanggung jawab dan ada banyak lagi nilai-nilai karakter yang positif di dalamnya. Hal ini sangat di sayangkan mengingat pendidikan karakter bagi mereka sangat lah penting dalam membentuk pribadi anak ketika anak sudah berkembang menjadi dewasa, di mana ia sebagai generasi penerus bangsa yang berkewajiban dalam menjaga budaya bangsa Seperti pada permainan gobak sodor, permainan tradisional gobak sodor ini memiliki nilai-nilai karakter yang luhur. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagai mana implementasi permainan gobak sodor di MIS GUPPI 12 Rejang Lebong , kemudian apa saja nilai-nilai karakter yang ada pada permainan gobak sodor dan apa saja yang menjadi kendala dalam permainan gobak sodor di MIS GUPPI 12 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian Lapangan (Field Research) yaitu penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu uraian naratif tentang suatu proses tingkah laku subjek yang sesuai dengan masalah yang di teliti serta temuan-temuan penelitian berupa data maupun dari informan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa, terutama siswa kelas atas (IV, V, dan VI) di MIS GUPPI 12 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif yang di tuangkan dalam bentuk deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pada saat proses permainan tradisional gobak sodor ini berlangsung di MIS GUPPI 12Rejang Lebong, maka secara otomatis siswa terlihat menjalani nilai-nilai karakter yang ada pada permainan gobak sodor ini. (2) Nilai-nilai karakter yang di munculkan pada saat proses permainan gobak sodor ini yakni: nilai religius, kecerdasan, pantang menyerah, bertanggung jawab, kejujuran, sportivitas, kerja sama, pengaturan strategi, kedisiplinan, kerja keras, kepemimpinan, percaya diri, berpikir logis, kritis, kreatif dan inovatif, serta nilai olah raga. (3) Kendala yang di alami siswa dalam memainkan permainan ini yaitu keadaan lapangan di sekolah yang rusak sehingga dapat membahayakan siswa pada saat bermain gobak sodor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Susanti, SusantiUNSPECIFIED
Sugiatno, SugiatnoUNSPECIFIED
Sahib, AbdulUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai Karakter, Permainan Gobak Sodor
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:42
Last Modified: 21 Feb 2023 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1502

Actions (login required)

View Item View Item