Manajemen Pelaksanaan Full Day dan Mabit dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong

Khairawati, Feri and Azwar, Beni and Murniyanto, Murniyanto (2020) Manajemen Pelaksanaan Full Day dan Mabit dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
MANAJEMEN PELAKSANAAN FULL DAY DAN MABIT DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA MADRASAH ALIYAH.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fenomena kerusakan akhlak dikalangan pelajar semakin menjadi perhatian bagi pemangku kebijakan pendidikan, tak terkecuali Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melalui surat edaran dengan Nomor: B-1793/Kw.07.2/1/PP.00/03/2019 mengintruksikan kewajiban kepada Madrasah Negeri maupun Swasta untuk melaksanakan program Full day dan Mabit. Kolaborasi program Full day dan Mabit bertujuan untuk membenahi karakter siswa karena dengan adanya Full day siswa lebih banyak menghabiskan waktu di sekolah dengan kegiatan penanaman nilai karakter yang religius. Disamping itu kegiatan Mabit yang dikenal dengan Malam Pembinaan Iman dan Takwa merupakan kegiatan yang dilaksanakan dengan memberikan materi penguatan karakter. Oleh karena itu, untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan manajamen pelaksanaan Full day dan Mabit dalam membentuk karakter religus siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan manajemen, pelaksanaan, faktor pendukung dan penghambat serta hasil kegiatan Full day dan Mabit dalam membentuk karakter religius siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan tipe penelitian fenomenologi. Sumber data primer dalam penelitian ini diperoleh dari wakil kepala madrasah, guru, pembina Full day dan Mabit, orangtua murid dan siswa, sedangkan data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen yang berkaitan dengan kegiatan Full day dan Mabit. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dimulai dengan pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pelaksanaan Full day dan Mabit dalam membentuk karakter religius siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Lebong yaitu melalui 4 (empat) tahap yaitu: a. Perencanaan, dilakukan melalui kegiatan rapat dengan menyusun program kerja; b. Pengorganisasian dengan memberikan tugas dan wewenang kepada tim pelaksana; c. Pengarahan, dilaksanakan dengan cara breafing; d. Pengawasan, dilakukan dengan memantau pelaksanaan kegiatan dan mengevalusi ketercapaian tujuan program. 2) Full day dilaksanakan selama lima hari dalam seminggu dan Mabit dilaksanakan 2 (dua) kali dalam sebulan pada minggu kedua dan keempat hari sabtu dan minggu. 3) Faktor pendukung dan penghambat, berasal dari faktor internal dan faktor ekternal. 4) Hasil dari pelaksanaan Full day dan Mabit dalam membentuk karakter religius siswa yaitu terletak pada dimensi keimanan atau keyakinan, peribadatan dan dimensi akhlak yang dibentuk melalui kegiatan-kegiatan religius dengan metode pemahaman, pembiasaan dan keteladanan.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Khairawati, FeriUNSPECIFIED
Azwar, BeniUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Manajemen, Full day, Mabit dan Karakter Religius.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:42
Last Modified: 21 Feb 2023 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1501

Actions (login required)

View Item View Item