Rahayu, Siti Dwi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Mutia, Mutia (2020) Analisis Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.
Text
ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISW.pdf - Accepted Version Download (3MB) |
Abstract
Literasi sains merupakan kemampuan seseorang untuk memahami, mengkomunikasikan, serta menerapkan pengetahuan sains untuk memecahkan masalah sehingga memiliki sikap dan kepekaan terhadap diri sendiri dengan lingkungan sekitar. Berdasarkan hasil studi penilaian yang dilakukan PISA (Programe for International Student Assessment) mengungkapkan bahwa pembelajaran sains di Indonesia belum berhasil meningkatkan kemampuan literasi sains siswa baik pada aspek konten, konteks aplikasi sains, proses sains, dan sikap. Maka dari itu perlu adanya perbaikan dalam pelaksanaan model pembelajaran yang dilaksanakan, salah satunya dapat diperbaiki dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran berbasis penyelidikan yang mengajak siswa untuk dapat aktif dalam mengkonstruksi pengetahuannya tetapi tidak menghilangkan peran penting guru dalam membimbing dan memotivasi siswa. Terdapat beberapa penelitian yang telah dilakukan untuk memperbaiki kemampuan literasi sains siswa terutama dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing ini. Adapun tujuannya adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana keterkaitan, peran dan perbandingan dari model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research).Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Milles dan Huberman yaitu berupa (1)Reduksi data (data reduction), yaitu melakukan pemilihan, pemfokusan, penyederhanaan, abstraksi dan pentransformasian data mentah ke dalam catatan tertulis. (2) display data yaitu memberikan pemahaman terhadap data tersebut agar bisa menentukan langkah selanjutnya. (3) Penarikan kesimpulan, memaparkan penemuan baru dari penelitian yang dilakukan berdasarkan data primer dan data sekunder. Hasil dari penelitian ini adalah Model pembelajaran inkuiri terbimbing dan literasi sains memiliki tujuan yang sama yaitu menuntut siswa untuk dapat aktif dalam berpikir kritis, kreatif, logis dan mampu memecahkan masalah yang dihadapinya. Model pembelajaran inkuiri terbimbing ini dapat meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik melalui proses pembelajaran yang dilaksanakan yaitu pembelajaran berbasis penyelidikan yang tidak hanya membangun pengetahuan siswa tetapi juga mengutamakan proses, sikap dan keterampilan sains peserta didik dan diharapkan dengan adanya model tersebut dapat memberikan pengalaman kepada peserta didik. Dalam penerapannya Model pembelajaran inkuiri terbimbing menawarkan banyak metode berbasis penyelidikan yang dapat digunakan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan, minat serta karakteristik siswanya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains | ||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Mrs hasni hartati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1500 |
Actions (login required)
View Item |