Analisis Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa

Saragih, Selvia Maghdalena and Kurniawan, Kurniawan and Amin, Muhammad (2020) Analisis Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
ANALISIS METODE MULTISENSORI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan hal penting karena membaca merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang dimiliki oleh manusia. Walaupun demikian masih banyak peserta didik di sekolah dasar yang belum menguasainya, terutama dikelas rendah. Kemampuan anak dikelas rendah terutama dalam mengenali kata saat membaca dipengaruhi oleh cara pengajaran atau metode mengajar yang digunakan oleh pendidik. Salah satu metode yang digunakan oleh pendidik untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah metode multisensori. Dipilihnya metode multisensori karena metode ini mempunyai asumsi bahwa peserta didik dapat belajar dengan baik apabila materi pengajaran disajikan dalam berbagai modalitas. Modalitas yang sering digunakan adalah visual, auditory, kinesthetic, dan tactile, dengan melibatkan beberapa modalitas alat indera dalam proses belajar diharapkan mampu memberikan hasil yang sama bagi anak-anak dengan tipe pembelajaran yang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan peneliti yakni untuk mengetahui bagaimana penerapan metode multisensori dan menjelaskan bagaimana pengaruh metode multisensori dalam meningkatkan kemampuan membaca. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), dimana sumber-sumber datanya terdiri dari sumber primer dan sekunder. Sedangkan, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik Milles dan Huberman yaitu berupa reduksi, display,dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah pertama, penerapan metode multisensori yaitu (1) Kartu huruf ditunjukkan kepada anak, Guru mengucapkan nama hurufnya, anak mengulang berkali-kali. Jika anak sudah menguasai, guru menyebutkan huruf, dan anak mengulangnya. (2) Guru mengucapkan bunyi dan bertanya huruf apa yang dibunyikan, tanpa menunjukkan kartu huruf. (3) Secara perlahan guru menulis dan menjelaskan bentuk huruf, anak menelusuri dengan jari dan menyalinnya. (4) Guru meminta anak menulis huruf yang sudah dipelajari. Yang kedua, pengaruh dari metode multisensori yaitu berpengaruh pada perbedaan gaya belajar, mampu membedakan bentuk dan bunyi huruf, berpengaruh pada pengenalan kata dan kelancaran membaca, dan membantu memperkuat jalannya proses membaca yang membutuhkan keterampilan dan koordinasi dari berbagai alat indera.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Saragih, Selvia MaghdalenaUNSPECIFIED
Kurniawan, KurniawanUNSPECIFIED
Amin, MuhammadUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Multisensori, Kemampuan Membaca
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:42
Last Modified: 21 Feb 2023 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1498

Actions (login required)

View Item View Item