Awiza, Awiza and Harmi, Hendra and Palupi Putri, Dini (2022) Analisis Kecemasan Matematika Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN CURUP.
Text
Skripsi Awiza Aza.pdf Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan yang ada pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas adalah pada saat pembelajaran matematika terlihat dari beberapa peserta didik menghindari suasana dimana peserta didik harus mempelajari dan menyelesaikan matematika, sulit konsentrasi, gugup, kurang percaya diri untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kecemasan matematika, penyebab terjadinya kecemasan matematika, dan cara guru mengatasi kecemasan matematika siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif karena tindakan terhadap subjek lebih diutamakan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas dan guru mata pelajaran matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Bentuk kecemasan matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas diantaranya (1) Kecemasan realistis perasaan takut, jantung berdebar kencang, muka terlihat pucat jika ditunjuk mengerjakan soal oleh guru, gelisah jika tidak memahami materi atau soal yang diberikan (lingkungan sekolah) (2) kecemasan neurotik siswa merasakan kehilangan ide, gugup, tidak mampu mengendalikan diri, perilaku. (3) kecemasan moral disini siswa merasa ragu–ragu dan merasa bersalah ketika menolak untuk mengerjakan soal didepan kelas. Terdapat tiga faktor yang menyebabkan terjadinya kecemasan matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas. (1) faktor kepribadian seperti motivasi, minat, rasa percaya diri, (2) faktor intelektual yang mana siswa belum bisa dan masih kebingungan dalam memahami konsep matematika, (3) faktor eksternal yang terdiri dari (lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah). Cara guru mengatasi kecemasan matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri Muara Megang Musi Rawas, dengan menciptakan suasana yang tentram, tenang, damai serta menyenangkan tanpa ada perasaan terpaksa maupun tertekan, selalu memberikan dorongan, motivasi dalam bentuk semangat, memberikan apresiasi kepada siswa, menumbuhkan rasa tanggungjawab pada siswa, membuat aplikasi android untuk siswa belajar dirumah, serta menggunakan kelompok kooperatif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Matematika Dan Pembelajaran | ||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Mr emeraldo nugroho | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 07:42 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 07:42 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1495 |
Actions (login required)
View Item |