Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Question, Recite, Read, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong

Amelia, Riza and Harmi, Hendra and Wahyuningsih, Wiwin Arbaini (2020) Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Question, Recite, Read, Review (SQ3R) terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, RECITE, READ, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KETERAMPIL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Riza Amelia (2020), penulisan dalam skripsi ini, mengambil topik Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Questioin, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong. Ide awal penelitian ini karena masih banyak siswa yang memiliki nilai tidak memuaskan atau mendapat nilai di bawah KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Survey, Questioin, Read, Recite, Review (SQ3R) salah satu tujuan yang hendak dicapai siswa dalam memenuhi kebutuhan belajar yang pada akhirnya akan mempengaruhi keterampilan membaca pemahaman. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif, teknik pengumpulan data dengan angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 30, maka Peneliti mengambil sampel 100 % sebanyak 30 siswa, untuk mempermudah pengambilan data melalui angket yang terdapat dua variabel yaitu Strategi Pembelajaran Survey, Questioin, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini dapat memberikan sumbangan bagi sekolah dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa dapat dilihat dari hasil yang diperoleh rxy yaitu 0,62 > dari pada nilai r tabel pada taraf signifikisansi 1 % 0,463 dan taraf signifikisansi 5 % 0,361 dengan N= 30. Sehingga Ha: “Terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Questioin, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong, menunjukkan bahwa hipotesis yang penulis ajukan diterima, dan Ho: “Tidak terdapat Pengaruh Strategi Pembelajaran Survey, Questioin, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SDN 58 Rejang Lebong di tolak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Amelia, RizaUNSPECIFIED
Harmi, HendraUNSPECIFIED
Wahyuningsih, Wiwin ArbainiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 07:42
Last Modified: 21 Feb 2023 07:42
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1494

Actions (login required)

View Item View Item