Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong

Yuliani, Atika and Zulaiha, Siti and Yulizah, Yosi (2022) Analisis Faktor Penghambat Keterampilan Membaca Pada Siswa Kelas Rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi atika yuliani.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 97 Rejang Lebong pada semester II tahun ajaran 2022/2023. Adapun masalah yang di identifikasikan dalam penelitian ini adalah faktor penghambat keterampilan membaca pada siswa kelas rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Untuk mengetahui keterampilan membaca pada siswa kelas rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong, (2) Untuk mengetahui faktor penghambat keterampilan membaca pada siswa kelas rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong, (3) Untuk mengetahui cara yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dewan guru kelas rendah, dan siswa kelas rendah di SD Negeri 97 Rejang Lebong. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga tahapan yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan atau pengecekan data di lakukan dengan triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan membaca pada siswa kelas rendah masih terdapat kesalahan yaitu: (1) Kesalahan dalam mengenal huruf, (2) Memahami kosa kata, (3) kesulitan dalam membaca kata atau gerak bibir ketika membaca, (4) Membaca dengan mengeja, (5) Memahami satu demi satu huruf, (6) Pembalikan kata dan membaca terlampau cepat sehingga terjadi penyalipan kata ketika membaca. Adapun faktor yang mempengaruhi keterampilan membaca pada siswa kelas rendah diantaranya adalah faktor fisiologis, pesikologis, dan lingkungan. Adapun cara meningkatkan keterampilan membaca pada siswa kelas rendah adalah dengan menumbuhkan kondisi cinta dalam membaca dengan menyediakan bahan bacaan belajar seperti buku paket, teks bacaan,dan membiasakan membaca secara rutin dengan memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar maju kedepan, guru memberikan waktu untuk siswa membaca satu sampai tiga baris bacaan, dan menggunakan alat peraga untuk mengajarkan anak yang belum bisa atau paham dengan huruf atau bacaan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Yuliani, AtikaUNSPECIFIED
Zulaiha, SitiUNSPECIFIED
Yulizah, YosiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Analisis, Faktor Penghambat, Membaca
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:51
Last Modified: 21 Feb 2023 02:51
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1493

Actions (login required)

View Item View Item