Motif Pegawai Negeri Sipil Bertransaksi pada Bank Konvensional (Studi Kasus Pegawai Negeri Sipil di Kelurahan Tempel Rejo)

Afitri, Okti and Noprizal, Noprizal and Rahmat, Jamalludin (2020) Motif Pegawai Negeri Sipil Bertransaksi pada Bank Konvensional (Studi Kasus Pegawai Negeri Sipil di Kelurahan Tempel Rejo). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
MOTIF PEGAWAI NEGERI SIPIL BERTRANSAKSI PADA BANK KONVENSIONAL (Studi Kaus Pegawai Negeri Sipil di Kelurahan Tempel Rejo).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Jumlah pegawai negeri sipil di Kelurahan Tempel Rejo terbilang banyak dengan jumlah 248 Orang. Meski mayoritas pegawai negeri sipil Kelurahan Tempel Rejo adalah umat muslim dan sudah mengetahui bahwa adanya fasilitas perbankan syariah bagi umat muslim agar dapat bertransaksi dengan aman sesuai dengan prinsip syariah yang berlandaskan pada Alquran dan Hadis tetapi mayoritas pegawai negeri sipil di Kelurahan Tempel Rejo pada umumnya lebih banyak menggunakan jasa bank konvensional dari pada bank syariah padahal sudah jelas bahwa pada bank konvensional menggunakan bunga dan tidak berlandaskan pada Alquran dan Hadis. Pertanyaannya adalah motif apa yang menyebabkan umat muslim menjadi nasabah bank konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap motif dari nasabah (Pegawai Negeri Sipil) yang beragama Islam bertransaksi pada Bank Konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan jenis metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan dengan 11 pegawai negeri sipil di Kelurahan Tempel Rejo Kecamatan Curup Selatan, Kabupaten Rejang Lebong. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif pegawai negeri sipil di Kelurahan Tempel Rejo bertransaksi pada Bank Konvensional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif pegawai negeri sipil di Kelurahan Tempel Rejo bertransaksi pada bank konvensional seperti Bank Bengkulu, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI adalah karena motif kebutuhan dan keterpaksaan. Dari 11 informan terdapat 9 orang yang bertransaksi pada bank konvensional karena motif kebutuhan dan 2 orang lainnya karena motif keterpaksaan. Adapun faktor yang mempengaruhi motif itu sendiri yaitu karena faktor lokasi, faktor promosi, faktor produk dan pengetahuan serta faktor fasilitas pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Afitri, OktiUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Rahmat, JamalludinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Motif, Pegawai Negeri Sipil, Transaksi, Bank
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:29
Last Modified: 21 Feb 2023 02:29
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1486

Actions (login required)

View Item View Item