Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya

Indrianti, Veni and Istan, Muhammad and Dewi, Ratih Komala (2021) Analisis Tingkat Kepuasan Anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Veni Indrianti (16631137).pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi keingintahuan penulis tentang tingkat kepuasan anggota koperasi Serba Usaha Cahaya Di Sdit Rabbi Radhiyya. Berdirinya koperasi di SDIT Rabbi Radhiyya yang bertujuan untuk mensejaterahkan anggotanya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi anggota lembaga ini dahulunya koperasi konvensional semenjak berubahnya kepemimpinan di koperasi tersebut maka berubah menjadi sistem koperasi syariah yang belum lama berjalan selama 4 tahun, Setelah menjadi koperasi Syari’ah koperasi tersebut mengalami peningkatan anggota hingga menjadi 46 orang, setiap guru yang mengajar di SDIT diharuskan menjadi anggota dalam kelembagaan keuangan koperasi. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui tingkat kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya, 2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya. Jenis Penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah deskriptif dengan data kualitatif melakukan penelitian yang bertujuan untuk meng-gambarkan suatu keadaan atau sifat sesuatu yang tengah berlangsung pada saat penelitian dilakukan dan memeriksa sebab-sebab dari suatu gejala secara sitematik dan akurat. Berdasarkan hasil penelitian yang dipeloreh dari penelitian ini pertama: Hasil analisis dari tingkat kepuasan anggota koperasi Serba Usaha Cahaya Di SDIT Rabbi Radhiyya menunjukkan bahwa anggota koperasi puas terhadap Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya, Selain karena pelayanan yang baik Koperasi Serba Usaha Cahaya di SDIT Rabbi Radhiyya memiliki kehandalan dan ketanggapan dalam melayani anggota karena dengan memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat merupakan salah satu faktor utama dalam mempengaruhi tingkat kepuasan anggota. Kedua : hasil analisis dari faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya Di SDIT Rabbi Radhiyya adalah pelayanan, kepercayaan dan citra merek dan faktor yang paling mempengaruhi tingkat kepuasan anggota Koperasi Serba Usaha Cahaya Di SDIT Rabbi Radhiyya adalah faktor pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Indrianti, VeniUNSPECIFIED
Istan, MuhammadUNSPECIFIED
Dewi, Ratih KomalaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Anggota dan Koperasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:28
Last Modified: 21 Feb 2023 02:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item