Pengaruh Religiusitas Mahasiswa terhadap Keputusan Mengambil Produk BMT Pat Sepakat

Roynaldy, Nandy and Yusefri, Yusefri and Fitmawati, Fitmawati (2021) Pengaruh Religiusitas Mahasiswa terhadap Keputusan Mengambil Produk BMT Pat Sepakat. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Nandy Roynaldy (16631080).pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sumber data primer bersumber dari data lapangan terutama mahasiswa Prodi Perbankan Syariah IAIN Curup dan Sumber data sekunder, yaitu data yang langsung dikumpulkan oleh peneliti sebagai penunjang dari sumber pertama. Dalam penelitian ini, dokumentasi dan angket merupakan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi perbankan syariah angkatan 2016 dan 2017 dengan jumlah mahasiswa angkatan 2016 yang berjumlah 142 dan angkatan 2017 yang berjumlah 117 dengan total seluruh populasi adalah 259 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini 30% dari setiap angkatan populasi sehingga sampel dalam penelitian adalah 41 mahasiswa dari angkatan 2016 dan sebanyak 34 mahasiswa dari angkatan 2017 sehingga total 75 mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, analisis reabilitas, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa secara simultan dimensi religiusitas (pengetahuan agama, keyakinan dan pengamalan) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mengambil produk di BMT Pat Sepakat. Hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung sebesar 10,756 dengan probabilitas signifikansi 0,000. Sedangkan secara parsial ketiga variabel independen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa. Hal ini dibuktikan, dimensi pengetahuan agama dengan nilai t-hitung sebesar 6,698 dan probabilitas signifikansi 0,000. Dimensi keyakinan dengan nilai t-hitung 1,397 dan probabilitas signifikansi 0,047. Dimensi pengamalan dengan nilai t-hitung 3,271 dengan probabilitas signifikansi 0,002. Berdasarkan uji R Square (R2) pengaruh yang diberikan sebesar 98,7% sedangkan sisanya 1,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Roynaldy, NandyUNSPECIFIED
Yusefri, YusefriUNSPECIFIED
Fitmawati, FitmawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Keputusan, Produk, BMT.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:28
Last Modified: 21 Feb 2023 02:28
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1455

Actions (login required)

View Item View Item