Strategi Promosi Upt Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa

Khairunnisa, Khairunnisa and Yumiarti, Yuyun and Rizkyantha, Okky (2022) Strategi Promosi Upt Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (Iain) Curup Dalam Meningkatkan Minat Kunjung Mahasiswa. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Khairunnisa Ica.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi promosi UPT perpustakaan Institut agama Islam Negeri Curup dalam meningkatkan minat kunjung mahasiswa, serta untuk mengetahui kendala yang di alami dalam melakukan promosi di UPT perpustakaan Institut Agama Islam Negeri Curup. Perpustakaan perguruan tinggi adalah perpustakaan yang terletak di perguruan tinggi yang mempunyai fungsi menyebarluaskan dan menyediakan informasi untuk membatu perguruan tinggi mencapai tujuan Tri Dharma perguruan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Sedangkan penelitian kualitatif adalah bertujuan untuk menghasilkan data deskriptif, berupa kata-kata lisan atau dari orang-orang dan perilaku mereka yang dapat diamati. Adapun teknik dalam penelitian ini yaitu dengan cara melakukan observasi., wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti di lakukan, ditemukan: pertama, bentuk kegiatan promosi di perpustakaan IAIN Curup dalam meningkatkan jumlah kunjungan pemustaka berupa media cetak seperti brosur, kerjasama sesama pemustaka dan mahasiswa dan media Online berupa website, facebook, youtube, telegram, whatsaap businness dan instagram. Kedua, kendala yang dihadapi dalam melaksanakan promosi untuk meningkatkan jumlah kunjungan pemustakan di IAIN Curup, yang pertama hambatan dalam anggaran, belum ada anggaran yang khusus untuk kegiatan promosi sehingga perpustakaan kesulitan untuk memaksimalkan kegiatan promosi. Solusinya yaitu dengan menjalin kerjasama yang baik dengan pihak terkait. Yang kedua kurangnya sumber daya manusia yang ahli di bidang promosi. Solusinya dengan menambah sumber daya manusia yang ahli dalam bidang promosi dan design grafis. Kata Kunci : Strategi promosi, Meningkatkan minat kunjungan, UPT Perpustakaan IAIN Curup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Khairunnisa, KhairunnisaUNSPECIFIED
Yumiarti, YuyunUNSPECIFIED
Rizkyantha, OkkyUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > ZA Information resources
Divisions: Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:27
Last Modified: 21 Feb 2023 02:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1436

Actions (login required)

View Item View Item