Penerapan Buku Teks Tematik Siswa untuk Meningkatkan Pemahaman pada tema Peduli lingkungan Sosial kelas III Min 1 Rejang Lebong

Karismah, Min and Susilawati, Susilawati and Nasution, Syaripah (2018) Penerapan Buku Teks Tematik Siswa untuk Meningkatkan Pemahaman pada tema Peduli lingkungan Sosial kelas III Min 1 Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
PENERAPAN BUKU TEKS TEMATIK SISWA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA TEMA PEDULI LINGKUNGAN SOSIAL.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tidak meratanya penyebaran buku teks tematik pegangan siswa dan guru berdampak pada proses pembelajaran siswa yang kurang aktif dan aktifitas guru yang kurang maksimal ini berdampak pada rendahnya tingkat pemahaman siswa seperti yang terjadi di MIN 1 Rejang Lebong yang sangat berpengaruh terhadap tingkat pemahaman siswa. Sehingga dari permasalahan tersebut penulis mengangkat judul ini dengan rumusan masalah sebagai berikut: Dengan rumusan masalah penelitian ini, bagaimana penerapan buku teks tematik siswa dapat meningkatkan aktivitas guru di kelas III MIN 1 Rejang Lebong, bagaimana penerapan buku teks tematik siswa dapat meningkatkan aktivitas siswa di kelas III MIN 1 Rejang Lebong, bagaimana penerapan buku teks tematik siswa dapat meningkatkan pemahaman siswa di kelas III MIN 1 Rejang Lebong Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penelitian tindakan kelas (PTK) kolaborasi. Populasi penelitian yakni seluruh siswa kelas III MIN 1 Rejang Lebong Dusun Curup berjumlah 66 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III C yang berjumlah 24 siswa, penentuan sampel menggunakan Cluster Sampling, metode pengumpulan data pada penelitian ini yakni observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi Product moment. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan menunjukkan adanya pengaruh penerapan buku teks tematik siswa dalam meningkatkan pemahaman siswa kelas III di MIN 1 Rejang Lebong, hasil observasi guru siklus 1 diperoleh nilai sebesar 38, dengan kategori baik, meningkat pada siklus II yaitu sebesar 45 dengan kategori baik. Kemudian hasil observasi siswa disiklus 1 sebesar 36,5 dengan kategori cukup. dan disiklus 2 sebesar 44 dengan kategori baik. Hasil tes siswa rata-rata disiklus 1 sebesar 72,9 dengan persentase 79,16% dan dengan dilanjutkan hasil tes siklus II sebesar 84,79 dengan persentase 91,66%. ( maka dari hasil penerapan buku teks tematik siswa yang dilakukan oleh peneliti mampu meningkatkan pemahaman siswa sesuai hasil dari penelitian yang diperoleh di kelas 3 MIN 1 Rejang Lebong)

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Karismah, MinUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Nasution, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Buku Teks Tematik Siswa; Tema Peduli Lingkungan Sosial
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:12
Last Modified: 19 Oct 2019 12:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/143

Actions (login required)

View Item View Item