Konsep Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Relevansi pada Pendidikan Islam Kontemporer

Suriyanti, Suriyanti and Susanto, Kemas Rezi and Karolina, Asri (2021) Konsep Metode Pendidikan Islam dalam Perspektif Ibnu Khaldun dan Relevansi pada Pendidikan Islam Kontemporer. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
SKRIPSI SURIYANTI.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mengetahui konsep metode pendidikan Islam dalam perspektif Ibnu Khaldun dan relevansi pada pendidikan Islam kontemporer (masa kini). Pendidikan Islam saat ini, dihadapkan pada berbagai perkembangan yang memastikan untuk melakukan perubahan dan perbaikan sehingga mampu melakukan penyesuaian terhadap perubahan tersebut. Penelitian yang penulis gunakan dilihat dari segi sumber merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang bertujuan untuk mengungkap pemikiran pendidikan khususnya mengenai konsep metode pendidikan Islam dalam persepektif Ibnu Khaldun dengan menggunakan pendekatan (Content Analysis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah telaah kepustakaan, yaitu mencari data mengenai hal-hal atau variable yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, dan sebagainya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (Content Analysis). Analisis isi merupakan metodologi penelitian yang memanfaatkan seperangkat prosedur untuk menarik kesimpulan yang benar dari sebuah buku dan literatur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, konsep metode pendidikan Islam dalam persepektif Ibnu Khaldun menunjukkan bahwa lebih merujuk kepada keagamaan dan akhlak. Kedua, pendidikan Islam masa kini(kontempor er) menunjukkan bahwa sebuah sistem pendidikan Islam yang berdasarkan pada nilai- nilai Islami bersumber pada Al-Quran dan As-sunnah. Ketiga, konsep metode pendidikan Islam dalam persepektif Ibnu Khaldun dan relevansi pada pendidikan Islam kontemporer, menunjukkan bahwa metode pendidikan Islam dalam persepektif Ibnu Khaldun yang terdahulu ternyata masih relevan digunakan pada pendidikan Islam masa kini. Jadi, beberapa metode yang masih relevan digunakan sekarang ini; Metode pentahapan dan pengulangan, metode diskusi dan dialog, dan metode rihlah atau widya wisata, dan metode pengajaran bahasa arab. diharapkan nantinya metode tersebut bisa diaplikasikan dalam pembelajaran dan menjadi dasar bagi pendidik dalam mendidik anak didiknya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Suriyanti, SuriyantiUNSPECIFIED
Susanto, Kemas ReziUNSPECIFIED
Karolina, AsriUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs maisonah
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:27
Last Modified: 21 Feb 2023 02:27
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item