Implementasi Kurikulum Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (Kmi) Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Santriwati di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklinggau

Karti, Aisyah and Fakhruddin, Fakhruddin and Rini, Rini (2022) Implementasi Kurikulum Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (Kmi) Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Santriwati di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklinggau. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Karti Aisyah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Implementasi kurikulum Kulliyatul Mu’allimat Al-Islamiyah (KMI) di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklinggau merupakan sebuah lembaga pendidikan Islam berjiwa Pesantren, dengan kyai sebagai sentral figurnya, dan masjid sebagai titik pusat yang menjiwainya.Tujuannya adalah bagaimana pemahaman kurikulum KMI, disiplin pondok dalam pembinaan akhlak mulia, bagaimana implementasi Kurikulum KMI dalam pembinaan akhlak mulia santri di Pondok ini Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, Pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketelitian pengamatan, trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa “implementasi kurikulum KMI dalam pembinaan akhlak mulia santri di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklingg au secara umum sudah terlaksana, namun belum optimal, baik pada aspek sarana prasana, kurikulum, SDM, supervisi maupun evaluasi.” Demikian juga temuan penelitian ini menunjukkan bahwa:Pemahaman Kurikulum KMI, dalam pembinaan akhlak mulia santriwati di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklinggau dipengaruhi oleh beberapa Kualifikasi pemimpin ala Gontor, pengarahan dan pemberian tugas sebagai upaya aplikatif membangun kesadaran disiplin dan pembinaan akhak mulia. pelaksanaan kurikulum KMI dan disiplin dalam rangka pembinaan akhak mulia di Pondok ini diterapkan dalam kegiatan yang sudah terpola, secara harian, mingguan, semesteran, dan tahunan, pelaksanaan kurikulum KMI dan disiplin pondok dalam pembinaan akhak mulia pondok ini, meski melalui sistem dan metode penerapannya, namun masih belum mencapai target maksimal, karena masih didapati kendala-kendala, diantaranya dari faktor santri, guru, sarana-prasaran dan wali santri. Keberhasilan Implementasi Kurikulum KMI dalam pembinaan akhlak mulia Santriwati di Pondok Pesantren Annajiyah Lubuklinggau terkait erat dengan program kegiatan akademis, baik intrakurikuler, ko kurikuler maupun ektrakurikuler dengan tidak mengenyamping kan pembiasaan, keteladanan, pengarahan, penugasan, dan penciptaan lingkungan. Kata Kunci: Kurikulum Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah pembinaan akhlak mulia

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Karti, AisyahUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Rini, RiniUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pasca_Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:26
Last Modified: 21 Feb 2023 02:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item