Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di MA Kabupaten Rejang Lebong

Dinata, Armaja and Hidayat, Rahmat and Murniyanto, Murniyanto (2019) Kontribusi Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling di MA Kabupaten Rejang Lebong. Masters thesis, IAIN Curup.

[img] Text
TESIS LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil temuan penelitian dan wawancara dengan beberapa orang Guru BK yang ada di MA di KAbupaten Rejang Lebong yang mengungkapkan bahwa kinerja Guru BK belum menggambarkan suatu keberhasilan yang dilakukan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, salah satunya dalam melaksanakan program BK di sekolah. Keberhasilan kinerja Guru BK dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan internal. Beberapa dari faktor tersebut ialah kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja, oleh karena itu, peneliti ingin mendeskripsikan: (1) kinerja Guru BK, kepemimpinan kepala sekolah, dan motivasi kerja,(2) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru BK, (3)kontribusi motivasi kerja terhadap kinerja Guru BK, dan (4) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja terhadap kinerja Guru BK. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, dengan pendekatankorelasional. Populasi penelitian adalah seluruh Guru BK di MA Kabupaten Rejang Lebong yang berlatar pendidikan S1 BK berjumlah 48 orang, sampel berjumlah 37 orang, yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah skala dengan menggunakan model skala Likert. Data penelitian dianalisis dengan menggunakanregresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata gambaran kinerja Guru BK berada pada kategori bagus, kepemimpinan kepala sekolah berada pada kategori cukup bagus, dan motivasi kerja berada pada kategori tinggi, (2) terdapat kontribusi kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja Guru BK sebesar 27% (R= 0.520. signifikansi 0.001), (3) terdapatkontribusi motivasi kerja terhadap kinerja Guru BK sebesar 25.2% (R= 0.502, signifikansi 0.002), dan (4) terdapat kontribusi kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja Guru BK sebesar 36.7% (R= 0.606, signifikansi 0.000). Hasil penelitian ini merupakan suatu masukan bagi Guru BK, kepemimpinan kepala sekolah, agar kepala sekolah lebih meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah, dan guru lebih meningkatkan motivasi kerja serta kinerjanya dalam melakukan tugas dan tanggung jawabnya sebagai Guru BK di sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Dinata, ArmajaUNSPECIFIED
Hidayat, RahmatUNSPECIFIED
Murniyanto, MurniyantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja, kinerja Guru BK
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
L Education > L Education (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam-S2
Depositing User: Mr hardinata
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:26
Last Modified: 21 Feb 2023 02:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item