Studi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 Di kelas v sdn 06 Ujan Mas

Irawan, Jaka Putra and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Arbaini, Wiwin (2018) Studi Pelaksanaan Penilaian Kurikulum 2013 Di kelas v sdn 06 Ujan Mas. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
STUDI PELAKSANAAN PENILAIAN KURIKULUM 2013DI KELAS V SDN 06 UJAN MAS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yaitu : guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan penilaian dalam kurikulum 2013 yang menekankan penilian dari tiga ranah yakni afektif, kognitif dan psikomotorik pada proses dan hasil. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) bentuk dan teknik penilaian dalam kurikulum 2013 dikelas V (lima) SDN 06 Ujan Mas; 2) Untuk mengetahui hambatan guru dalam study penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 kelas V (lima) SDN 06 Ujan Mas; 3) Untuk mengetahui upaya guru dalam study penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 kelas V (lima) SDN 06 Ujan Mas. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang memaparkan atau menjelaskan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini yaitu guru pengampu kelas V. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dengan melakukan wawancara dengan guru wali kelas V dan melakukan observasi pada bentuk dan teknik penilaian terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 yang disusun dan digunakan guru untuk melaksanakan penilaian; dan sumber data sekunder diperoleh dari literature dan buku-buku. Data dianalisis dengan cara: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian dalam kurikulum 2013 pada kelas V SDN 06 Ujan Mas pada ranah afektif menggunakan 3 bentuk penilian yaitu observasi, penilaian diri dan penilaian antar teman sedangkan penilaian pada ranah kognitif menggunakan tiga bentuk penilaian yakni tes tertulis berupa pilihan ganda dan essay, tes lisan berupa tanya jawab dan penugasan. Sementara, Pada ranah psikomotorik menggunakan dua bentuk penilaian yaitu praktek dan portofolio. Teknik penilaian ketiga ranah tersebut dilaksanakan berdasararkan tema, subtema, kompetensi dasar kemudian permata pelajaran. Terdapat beberapa hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 dari ketiga ranah tersebut adalah cukup merepotkan karena guru kesulitan membagi waktu dalam pelaksanaan penilaian. Hambatan lainnya sarana dan prasarana yang kurang serta dangkalnya materi dalam kurikulum 2013. Beberapa upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang ada dalam penilaian kurikulum 2013 yaitu dengan tidak melaksanakan penilaian setiap pembelajaran tapi dilaksanakan berdasarkan materi pembelajaran, subtema,berdiskusi dengan sesama wali kelas, mengikuti kegiatan seminar dan melengkapi sarana dan prasarana yang kurang

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Irawan, Jaka PutraUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Penilaian kurikulum 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:12
Last Modified: 19 Oct 2019 12:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/142

Actions (login required)

View Item View Item