Awalia, Jumratu and Masudi, Masudi and Mahfuz, Mahfuz (2022) Efektivitas Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Metodologi Pengajaran Pai Menggunakan Media Kahoot Pada Program Studi Pai Iain Curup. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Jumratu awalia.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari dosen mata kuliah metodologi pengajaran PAI yang telah menerapkan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan media kahoot yang telah dilaksanakan pada perkuliahan mahasiswa semester 5 angkatan 2019 yang dilakukan secara daring. Hal inilah yang menarik perhatian peneliti sehingga peneliti ingin mengetahui lebih dalam mengenai keefektivan pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan media kahoot. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subyek penelitiannya adalah 10 orang mahasiswa PAI semester 5 angkatan 2019 dan 1 dosen pengampu mata kuliah metodologi pengajaran PAI. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data kemudian uji kredibilitas datanya yaitu menggunakan tringulasi waktu dan tringulasi sumber. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan evaluasi pembelajaran menggunakan media kohoot ini telah dijadikan projek bagi mahasiswa. Adapun langkah-langkah pelaksanaannya adalah mahasiswa harus masuk dulu ke website atau harus mendownload terlebih dahulu aplikasinya di play store dan log in menggunakan akun google masing-masing. Setelah akun sudah terdaftar maka dosen atau mahasiswa sudah bisa meng-inputkan berbagai soal sesuai dengan kisi-kisi soal yang telah dipersiapkan. Jadi mahasiswa ataupun dosen tinggal menentukan saja jadwal evaluasinya, bentuk soal evaluasi yang diinginkan kemudian mengatur durasi waktu untuk setiap pengerjaan soalnya dan memasukkan alternatif jawaban yang benar seterusnya dosen ataupun mahasiswa bisa menambahkan foto maupun video berdasarkan materi yang akan di evaluasi. Dalam penerapannya pelaksanaan evaluasi pembelajaran mata kuliah metodologi pengajaran PAI menggunakan media kahoot ini ternyata sangat efektif ketika diterapkan oleh mahasiswa karena pada saat itu perkuliahan masih dilakukan secara daring jadi dengan menggunakan media berbasis ilmu teknologi ini sangatlah membantu kegiatan evaluasi untuk mahasiswa tanpa harus bertatap muka dan datang ke kampus secara langsung. Apalagi penggunaan media ini sangatlah mudah dan praktis sehingga evaluasi itu bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun ditambah dosen maupun siswa tidak perlu memperbanyak lembar soal karena melalui media ini dosen cukup mengirimkan link evaluasinya saja sehingga sangatlah menghemat biaya juga. Selain itu dosen maupun mahasiswa bisa langsung melihat hasil atau skor evaluasinya tanpa harus menunggu hasil koreksinya. Di kahoot juga sudah menyediakan alternatif jawaban yang benar dari setiap soal sehingga bisa dijadikan referensi belajar bagi mahasiswa untuk evaluasi selanjutnya. Kata Kunci: Efektivitas, Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran, Media Kahoot.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:26 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:26 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1413 |
Actions (login required)
View Item |