Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Musi Rawas

Meidita, Arinanda and Wanto, Deri and Siswanto, Siswanto (2022) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama Pada Peserta Didik di SMA Negeri 1 Musi Rawas. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Arinanda meidita.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahn bahwa peserta didik masih membedakan ras, suku, budaya, agama dan juga belum tertanam sikap toleransi baik itu dalam lingkungan sekolah maupun luar sekolah. Banyak siswa yang sangat sedikit memiliki sikap toleransi terhadap siswa lain, bahkan dikatakan rendah. Hal ini dikarenakan mereka belum mempunyai karakter toleransi yang kuat, sehingga kesadaran mereka tentang toleransi sangat rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan memahami strategi seperti apa yang diterapkan guru PAI dalam menanamkan sikap toleransi beragama, untuk memahami dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam menanamkan sikap toleransi beragama. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan sumber data menggunakan teknik (Proposive Sampling) teknik pengambilan sampel sumber data secara spesifik. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Ibu Marhamah S.Pd.I, Ibu Suranti S.Pd selaku guru PAI dan peserta didik di SMA Negeri 1 Musi Rawas. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data dan penyajian data, serta teknik analisis triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pertama, strategi guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Sikap Toleransi Beragama pada peserta didik di SMA Negeri 1 Musi Rawas sudah dijalankan dengan baik yang meliputi 3 tahapan yaitu: perencanaan yang terdiri dari mengucapkan salam, membaca doa menurut agamanya masing-masing, memberikan wejangan. Yang kedua Pelaksanaan yang terdiri dari pelaksanaan dari dalam kelas (memberikan arahan kepada peserta didik) dan di luar kelas seperti kegiatan rutin, diklat ekstrakulikuler, dan pondok karakter, yang ketiga yaitu evaluasi. Faktor pendukung menanamkan sikap toleransi yaitu sikap toleransi yang tinggi, toleransi antar umat beragama, sarana dan prasarana.Faktor penghambat menanamkan sikap toleransi beragama yaitu: faktor lingkungan, jika lingkungan tempat tinggal baik tentu lingkungan sekolah akan baik begitupun sebaliknya, kedua faktor waktu dan kesadaran. Waktu yang sangat sedikit dapat menjadi penghambat guru/siswa dalam menlaksanakan strateginya menanamkan sikap toleransi beragama dan kesadaran siswa/siswi yang kurang menghormati dan menghargai saling acuh tak acuh kepada teman yang berbeda agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Meidita, ArinandaUNSPECIFIED
Wanto, DeriUNSPECIFIED
Siswanto, SiswantoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: strategi guru PAI, sikap toleransi beragama.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:26
Last Modified: 21 Feb 2023 02:26
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1408

Actions (login required)

View Item View Item