Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan, dan Promosi terhadap Minat Guru dalam Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus pada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Negeri 01 Kepahiang)

Parwati, Yayuk and Noprizal, Noprizal and Khudori, Khairul Umam (2021) Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan, dan Promosi terhadap Minat Guru dalam Menggunakan Bank Syariah (Studi Kasus pada Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah Negeri 01 Kepahiang). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH PENGETAHUAN, LINGKUNGAN, DAN PROMOSI TERHADAP MINAT GURU DALAM MENGGUNAKAN BANK SYARIAH.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Abstrak: Minat seseorang dalam menggunakan bank syariah dapat di pengaruhi oleh berbagai macam faktor, beberapa faktor tersebut terdapat pada variabel yang akan diteliti. Pengetahuan, lingkungan dan promosi merupakan faktor yang dapat mempengaruhi minat seseorang, dimana minat dapat tumbuh dengan adanya pengetahuan. Pengetahuan dapat diperoleh dari lingkungan sekitar, dimana orang-orang yang berada di sekitar kita dapat mempengaruhi kita dalam mengambil keputusan, tidak cukup dengan itu pengetahuan tentang bank syariah dapat diperoleh dari adanya promosi atau pengenalan produk dari bank syariah. Adanya promosi dapat membuat orang yang tidak tahu menjadi tahu akan produk yang ditawarkan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif atau penelitian lapangan dengan total sampel sebanyak 50 orang, dengan teknik analisis data berupa Uji F, Uji T dan Uji R (determinasi), tujuannya untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, lingkungan, dan promosi terhadap minat guru dalam menggunakan bank syariah. secara simultan dan parsial. Temuan penelitian ini didapatkan bahwa secara simultan pengetahuan, lingkungan, dan promosi berpengaruh terhadap minat guru dalam menggunakan bank syariah yakni dengan F hitung sebesar 17,764 > 3,20l. Sedangkan secara parsial pengetahuan dan promosi berpengaruh terhadap minat guru dalam menggunakan bank syariah dengan t hitung pengetahuan 2,348> 2,01290 dan t hitung promosi 5,349> 2,01290, sedangkan lingkungan tidak berpengaruh dengan t hitung -341 <2,01290. Analisis uji determinasi memperlihatkan bahwa 51,0% minat guru dipengaruhi oleh ketiga variabel yakni pengetahuan, lingkungan dan promosi. Pada analisis regeresi berganda didapatkan persamaan bahwa pengetahuan memiliki pengaruh positif dengan nilai 0,287, lingkungan mempunyai pengaruh negatif dengan nilai -0,19, dan promosi mempunyai pengaruh positif dengan nilai 0,616. Uji data yang telah dilakukan didapatkan bahwa promosi merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap minat guru.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Parwati, YayukUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Khudori, Khairul UmamUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Lingkungan, Promosi, Minat.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:24
Last Modified: 21 Feb 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1392

Actions (login required)

View Item View Item