Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Didikan Subuh di Masjid Husnul Khotimah Perumnas Citra Arka Griya Kelurahan Padang Lekat

Lestari, Julia and Susilawati, Susilawati and Fadila, Fadila (2021) Implementasi Nilai-Nilai Akhlak Pada Anak Usia Dini Dalam Didikan Subuh di Masjid Husnul Khotimah Perumnas Citra Arka Griya Kelurahan Padang Lekat. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
Julia Lestari.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Implementasi nilai-nilai akhlak pada anak usia dini dalam didikan subuh di Masjid Khusnul Khatimah Perumnas Citra Arka Griya padang lekat Kabupaten Kepahiang. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah nilai-nilai akhlak apa sajakah yang ada dalam didikan subuh dan bagaiman implementasinya di masjid Husnul Khotimah Perumnas citra Arka Griya Padang Lekat Kepahiang dan apa factor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai akhlak dalam didikan subuh di masjid Husnul Khotimah Perumnas Citra Arka Griya Padang Lekat Kepahiang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan Deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dalam bentuk In depth interview, serta dokumentasi, subyek penelitian adalah Pengurus Masjid, Risma, Orang tua, anak usia dini. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, display data, dan menarik kesimpulan. Uji keabsahan data dengan teknik Triangulasi. Implementasi nilai-nilai akhlak yang diterapkan dalam didikan subuh yaitui ada 3 nilai akhlak : (1) Akhlak terhadap Allah : berupa anak melaksanakan ibadah Sholat Subuh Berjama‟ah, Membaca Iqro‟, hafalan do‟a, hafalan surah pendek, hafalan hadist, hafalan Asmaul Husnah. (2) Akhlak terhadap sesame manusia. Yakni berprilaku sesuai dengan ajaran agama islam yaitu tidak boleh berkelahi, dan saling menghormati dan saling tolong menolong. (3) akhlak terhadap diri sendiri. Yakni dengan menghargai diri sendiri, menjadi pribai yang pemaaf, raji, bersih, dan rapi. Factor penghambat dan pemdukung pelaksanaan penanaman nilai-nilai akhlak, terdapat dua factor penghambat dalam pelaksanaan nilai-nilai akhlak di masjid Husnul Khotimah (1) Waktu pelaksanaan pembelajaran dan (2) Kurangnnya kesadaran orang tua untuk memotivasi anak dan megulang pembelajaran dirumah. Sedangkan factor pendukung adalah (1) Lingkungan (Masyarakat dan Orang tua), (2) Pendidik Profesional ,(3) Media Pembelajaran dan (4) Sarana dan Prasarana. Kata Kunci : Implementasi, nilai-nilai akhlak, anak usia dini, didikan subuh

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lestari, JuliaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Fadila, FadilaUNSPECIFIED
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs sulistyowati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:25
Last Modified: 21 Feb 2023 02:25
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1391

Actions (login required)

View Item View Item