Hidayat, Juanda Nafoel and Asha, Lukman and Komalasari, Bakti (2022) Pendekatan Pembelajaran Terpadu Model Sarang Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Siswa di Smk It Khoiru Ummah Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
juanda nafoel hidayat.pdf Download (4MB) |
Abstract
Peneliti mengamati proses pembelajaran di SMK IT Khoiru Ummah Rejang lebong yang menjadi salah satu sekolah yang menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu di dalam proses pembelajaran seperti dalam mata pelajaran bisnis atau kewirausahawan, produk kreatif yang menerapkan pendekatan pembelajaran terpadu di dalam menanamkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Tujuan penelitian ini yang pertama, dapat mengetahui penerapan Pembelajaran Terpadu Model Sarang Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Siswa di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong, dapat mengetahui faktor pendukung dan penghambat di dalam pendekatan Pembelajaran Terpadu Model Sarang Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Religius Pada Siswa di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field1reseacrh) yang bersifat deskriptif Kualitatif. Subyek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan Siswa kelas 11.Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data sekunder dalam penelitian ini antara lain Silabus, RPP dan dokumentasi. Sedangkan sumber data primer dalam penelitian ini antara lain Kepala Sekolah, Guru dan Siswa SMK IT Khoiru Ummah Rejang lebong. Selanjutnya teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi, kemudian uji kredibiltas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa proses pendekatan pembelajaran terpadu model sarang dalam menanamkan nilai-nilai karakter riligius pada siswa di SMK IT Khoiru Ummah Rejang Lebong yaitu perancangan, pelaksanaan dan evaluasi, selanjutnya yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pendekatan pembelajaran terpadu model sarang dalam menanamkan nilai-nilai karakter religius pedoman yang telah tersedia guru yang siap untuk mengajar, dan sarana prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam pendekatan pembelajaran terpadu dalam menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa yaitu guru kesulitan mencari referensi dari alquran maupun hadis,kondisi kelas yeng berubah, terkendal dengan waktu. Kata kunci : Pembelajaran Terpadu, Menanamkan Nilai-nilai Karakter
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:25 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:25 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1387 |
Actions (login required)
View Item |