Indayanti, Ina and Ratnawati, Ratna wati and Mutia, Mutia (2018) Konsep Pembelajaran Berbasis Sistem Among Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Siswa (Telaah Pemikiran Ki Hajar Dewantara). Diploma thesis, IAIN CURUP.
Text
Konsep Pembelajaran Berbasis Sistem Among Dalam Penanaman Pendidikan Karakter Siswa (Telaah Pemikiran Ki Hajar dewantara).pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembaharuan-pembaharuan pendidikan di Indonesia telah banyak di lakukan agar relevan dengan perkembangan zaman,namun kenyataannya saat ini pendidikan yang ada belum sesuai dengan tuntunan masyarakat dan mencapai hasil yang maksimal. Selama ini di sekolah banyak yang menerapkan berbagai sistem dan metode pembelajaran, namun hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Padahal di indonesia mempunyai sistem pembelajaran yang lahir dari ciptaan putra indonesia yaitu sistem among. Saat ini, para pamong atau guru hanya mengedepankan hasil di bandingkan dengan penanaman pendidikan karakter, ini terlihat pamong yang memberikan pendidikan di sekolah tidak menggunakan kasih sayang,menyebabkan anak dapat melakukan apa saja semaunya. Penelitian ini adalah penelitian studi pustaka (library research) dengan menggali pemikiran-pemikiran Ki Hajar Dewantara melalui referensi primer dan skunder yang masih relevan dengan tema penelitian. Referensi tersebut kemudian diolah dengan metode Content Analysis (analisis isi) yang menekankan pada analisis atau pesan yang dibangun secara obyektif, sistematis dan generalisasi. Hasil penelitian menunjukan konsep pembelajaran yang wajib digunakan oleh guru adalah Sistem Among Ki Hajar Dewantara yaitu: Pertama,Ingarso Sungtolodo ( seorang guru atau pamong didepan memberi contoh, Kedua,Ingmadya Magun Karsa (di tengah-tengah memberi semangat), Tut Wuri Handayani (di belakang memberi dorongan). Berbagai kemerosotan karakter siswa saat ini, siswa diusia pendidikan dasar saat ini hanya tinggi pengetahuan saja tetapi krisis moral. Pelaksanaan Sistem Among saat ini disekolah tetap di lakukan oleh seorang pendidik atau pamong, tetapi pelaksanaannya tidaklah secara menyeluruh, karna hanya sebagian dari sistem among yaitu Tut Wuri Handayani saja, Sistem Among lainnya belumlah terlaksana. Pendidikan ini tidak sesuai dengan apa yang telah Ki Hajar terapkan sebagai pamong, padahal sistem among Ki Hajar Dewantara tetap relevan dengan perkembangan zaman. Maka pendidikan saat ini belum mampu menciptakan generasi yang hanya cerdas akal tetapi cerdas dalam tindakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Sistem Among; Pendidikan Karakter | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2019 12:12 | ||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2019 12:12 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/138 |
Actions (login required)
View Item |