Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning dan Implikasinya terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat

Arifin, Adiyatna and Fakhruddin, Fakhruddin and Hajja Ristianti, Dinna (2021) Penerapan Metode Sorogan Dalam Pembelajaran Kitab Kuning dan Implikasinya terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. Masters thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi Arifin Adiyatna.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Al Afiyah Bogor Jawa Barat adalah salah satu lembaga pendidikan Islam yang menggunakan pembelajaran kitab kuning, dengan menggunakan berbagai metode pembelajaran klasikal dan yang terutama bagi sebagian besar pondok salafiyah adalah metode sorogan guna meningkatkan minat dan keterampilan membaca kitab kuning. Oleh sebab itu penulis sangat tertarik meneliti tentang “Metode Sorogan dalam Pembelajaran Kitab Kuning dan Implikasinya Terhadap Kemampuan Bahasa Arab Santri Al-Afiyah Bogor Jawa Barat.” Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus dan mengambil lokasi di Pondok Pesantren Al-Afiyah Bogor Jawa Barat. Fokus penelitian yang diteliti adalah Ustadz dan Santri di Pondok Pesantren Al- Afiyah Bogor Jawa Barat, metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode pengumpulan data yang digunakan dengan jalan melakukan penelitian langsung ke lokasi penelitian. Untuk melengkapi data penelitian metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab kuning dan implikasinya dengan kemampuan Bahasa arab santri Pondok Pesantren Al-Afiyah Bogor Jawa Barat dalam pembelajaran kitab kuning diawali dengan membaca do’a kemudian membacakan materi sebelumnya lalu maju satu persatu menyorogkan kitabnya dan setelah itu ustadz memasuki materi baru untuk keesaokan harinya hal ini dilakukan berulang-ulang setiap hari. Dan implikasinya terhadap kemampuan Bahasa arab santri yakni santri dapat menambah kemampuannya dalam segi hapalan kaidah nahwu sorof dan mufrodat tata Bahasa arab, menambah kemampuan dalam muhadoroh teks Bahasa arab, menambah pemahaman terhadap muhadatsah percakapan Bahasa arab.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmail
Arifin, AdiyatnaUNSPECIFIED
Fakhruddin, FakhruddinUNSPECIFIED
Hajja Ristianti, DinnaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Metode Sorogan, Pembelajaran Kitab Kuning, Kemampuan Bahasa Arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pasca_Sarjana > Pendidikan Agama Islam-S2
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:25
Last Modified: 30 Mar 2023 04:01
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1379

Actions (login required)

View Item View Item