Penggunaan Google Classrom Pada Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran Fiqih Di Madrasah (Studi di Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Curup)

Ade Pabela, Arensi and Hamengkubuwono, Hamengkubuwono and Gunawan, Guntur (2022) Penggunaan Google Classrom Pada Mata Kuliah Materi dan Pembelajaran Fiqih Di Madrasah (Studi di Prodi PAI Fakultas Tarbiyah IAIN Curup). Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi ARENSI ADEPABELA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena penyebaran virus covid-19 yang mana virus ini memberikan dampak yang luar biasa pada semua sektor kehidupan, terutama dalam sektor pendidikaan. Salah satu alternatif pembelajaran yang dilakukan ialah pembelajaran online (daring). Sehingga dengan masalah seperti ini membuat semua pendidik terutama dosen harus melalukan pembelajaran dalam jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1)Penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah 2)Faktor pendukung penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah 3)Faktor penghambat penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Tekhnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian tekhnik analisa data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi serta uji kredibilitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: 1)Penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah yaitu, google classroom dapat diakses melalui website dan handphone, dosen dapat menambahkan mahasiwa dengan membagikan kode, dapat memberikan tugas mandiri pada fitur classwork, mahasiwa dapat berkomentar atau bertanya terkait dengan pembelajaran pada dosen maupun mahasiwa, dosen dapat melihat siapa yang belum menyelesaikan tugas serta dapat langsung memberi nilai pada fitur garding. 2)Faktor Pendukung penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah yaitu, mudah digunakan, menghemat waktu, fleksible dengan menggunakan google classroom dosen dapat mengontrol lebih dari satu kelas, materi yg diberikan otomatis tersimpan pada folder drive. 3)Faktor penghambat penggunaan google classroom pada perkuliahan materi dan pembelajaran fiqih di madrasah yaitu, jaringan internet yang kurang stabil, komunikasi yang kurang, dan ruang penyimpanan handphone yang penuh.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Ade Pabela, ArensiUNSPECIFIED
Hamengkubuwono, HamengkubuwonoUNSPECIFIED
Gunawan, GunturUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Google Classroom, Pembelajaran, materi dan pembelajaran fiqih di madrash
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:24
Last Modified: 21 Feb 2023 02:24
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1373

Actions (login required)

View Item View Item