Penerapan Model Pembelajaran Berpetualang Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd 05 Muhammadiyah Rejang Lebong

Oktori, Hendri and Jaya, Guntur Putra and Arbaini, Wiwin (2018) Penerapan Model Pembelajaran Berpetualang Untuk Meningkatkan Kognitif Siswa Kelas Iv Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sd 05 Muhammadiyah Rejang Lebong. Diploma thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERPETUALANG UNTUK MENINGKATKAN KOGNITIF SISWA KELAS IV PADA MATA PE.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yaitu rendahnya kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran ilmu pengatahuan alam tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya. Rendahnya kemampuan kognitif siswa disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya Model yang dipakai dalam pengajaran kurang sesuai dengan materi yang diajarkan. Pelaksanaan pembelajaran belum mengarahkan siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir serta kebiasaan berani mengkomunikasikan pendapat yang merupakan aspek penting kecakapan hidup pembelajaran sehingga nilai rata-rata ujian tengah semester yang diperoleh oleh siswa dikelas IV SD 05 Muhammadiyah Rejang Lebong yaitu sebesar 56,94 dengan ketuntasan klasikal 50%. Salah satu sebab penyebab kognitif siswa yang rendah yaitu siswa tidak diajak belajar diluar lingkungan sekolah yang lebih efektif dalam pembelajaran. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Berpetualang dapat meningkatkan hasil belajar, hal ini dikarenakan siswa lebih mengembangkan kognitif dalam belajar, ini dibuktikan dengan hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Berpetualang dapat dikatakan masih rendah dengan nilai rata-rata 57,94. Dengan penggunaan Berpetualang aktivittas siswa menunjukan peningkatan setiap siklus I dengan skor rata-rata 70 dengan ketuntasan belajar 72,35% dan pada siklus II dengan skor rata-rata 76 dengan ketuntasan 88.23%..

Item Type: Thesis (Diploma)
Creators:
CreatorsEmail
Oktori, HendriUNSPECIFIED
Jaya, Guntur PutraUNSPECIFIED
Arbaini, WiwinUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berpetualang; Kognitif; Ipa
Subjects: L Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs Hasni Hartati
Date Deposited: 19 Oct 2019 12:12
Last Modified: 19 Oct 2019 12:12
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/137

Actions (login required)

View Item View Item