Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Muzakki pada BAZNAS Kepahiang

Rahayu, Rina and Noprizal, Noprizal and Ilhamiwati, Mega (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan dan Kepercayaan Muzakki pada BAZNAS Kepahiang. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN KEPERCAYAAN MUZAKKI PADA BAZNAS KEPAHIANG.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan yang mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan muzakki. Untuk mewujudkan kualitas pelayanan yang baik BAZNAS Kepahiang dituntut untuk melakukan pelayanan yang baik kepada muzakkinya dengan memperhatikan dimensi kualitas pelayanan yaitu tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan) dan empathy. Karena dalam tiga tahun terakhir jumlah penerimaan zakat dari muzakki baik zakat maal/profesi maupun perorangan pada BAZNAS Kepahiang masih tidak menunjukkan peningkatan secara signifikan. Padahal BAZNAS Kepahiang sudah melakukan segala jenis promosi dan sosialisasi kepada masyarakat Kepahiang agar mereka bersedia membayar zakat nya pada BAZNAS Kepahiang. Lembaga amil zakat yang dikelola dengan profesional akan menumbuhkan kepercayaan kepada masyarakat dan memberikan pelayanan yang memuaskan. Metodologi Penulisan yang digunakan dalam Penulisan ini adalah bersifat deskriptif kuantitatif. Lokasi Penulisan ini pada BAZNAS Kepahiang. Populasi Penulisan ini berjumlah 166 orang muzakki dan sampel yang diperoleh berdasarkan tabel Gill sebanyak 132 orang muzakki dengan teknik sampel menggunakan sampel acak. Dalam Penulisan ini data dikumpulkan melalui kuesioner dengan menggunkan sampel random sampling. Responden dalam Penulisan ini adalah muzakki atau orang yang membayar zakat melalui BAZNAS Kepahiang. Hasil perhitungan uji-t atau uji parsial didapatkan bahwa pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan muzakki (X berpengaruh dengan Y1) sebesar 0,263 yang berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh BAZNAS Kepahiang agak rendah atau belum terlalu dirasakan oleh para muzakki, sedangkan pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepercayaan muzakki (X berpengaruh dengan Y2) sebesar 0,448 yang berarti kualitas pelayanan yang diberikan oleh BAZNAS Kepahiang belum terlalu dapat dirasakan oleh muzakki atau agak rendah atau kualitas yang dirasa masih perlu ditingkatkan lagi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Rahayu, RinaUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Ilhamiwati, MegaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, kualitas pelayanan, kepuasan, kepercayaan.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:23
Last Modified: 21 Feb 2023 02:23
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1364

Actions (login required)

View Item View Item