Destrianti, Sindi and Harmi, Hendra and Septiana, Anisya (2021) Analisis Kemampuan dalam Mengerjakan Soal Berbasis HOTS Ditinjau dari Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs. S 1 Darussalam. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
ANALISIS KEMAMPUAN DALAM MENGERJAKAN SOAL BERBASIS HOTS DITINJAU DARI KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS ~1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berfikir peserta didik dalah dengan memberikan tingkat tinggi contohnya adalah soal HOTS. Dengan memberikan soal HOTS peserta didik juga mampu meningkatkan kemampuan berpikir matematis. Tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan peserta didik mengerjakan soal berbasis HOTS, untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis peserta didik, untuk menganalisis kemampuan peserta didik pada tingkat tinggi,sedang, dan rendah dalam mengerjakan soal berbasis HOTS ditinjau dari kemampuan penalaran yang dimiliki oleh peserta didik di kelas VIII MTs.S 1 Darussalam. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, yang dilaksanakan di MTs. S 1 Darussalam. Teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian peserta didik (29 orang) kelas VIII. D MTs. S 1 Darussalam dengan teknik pengambilan subjek purposive sampling.Teknik analisis data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat 10% peserta didik yang memperoleh nilai HOTS tinggi, 66% peserta didik memperoleh nilai HOTS sedang, dan 24% peserta didik memperoleh nilai rendah. Hasil ini sejalan dengan hasil kemampuan penalaran matematis peserta didik memiliki kemampuan penalaran matematis tinggi terdapat 14%, kemampuan penalaran matematis sedang yaitu 62% dan 24% peserta didik mempunyai kemmapuan penalaran matematis rendah. jika diklasifikasikan menjadi tiga kategori kemampuan peserta didik mengerjakan soal berbasis HOTS ditinjau dari kemampuan penalaran matematis peserta didik yakni: (1) peserta didik yang memperoleh nilai tinggi mampu menyelesaikan soal HOTS pada tingkat C4 (menganalisis) C5 (mengevaluasi) dan C6 (menciptakan) dengan menggunakan indikator penalaran matematis.(2) peserta didik yang memperoleh nilai sedang hanya bisa mengerjakan soal berbasis HOTS pada tingkat C4 (menganalisis) dan C6 (mengevaluasi) dengan menggunakan indikator penalaran matematis.(3) sedangkan peserta didik yang memperoleh nilai rendah hanya bisa mengerjakan soal HOTS pada tingkat C4 (menganalisis) dengan menggunakan indikator penalaran matematis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Soal Berbasis Hots, Kemampuan Penalaran Matematis | ||||||||
Subjects: | L Education > L Education (General) | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika | ||||||||
Depositing User: | Mr hardinata | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:23 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:23 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |