Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat Masyarakat Desa Suro Muncar Menabung di Bank Syariah

Gunawan, M. Hendra and Istan, Muhammad and Syaputra, Ahmad Danu (2021) Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat Masyarakat Desa Suro Muncar Menabung di Bank Syariah. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH MEDIA PROMOSI PERBANKAN SYARIAH TERHADAP MINAT MASYARAKAT DESA SURO MUNCAR MENABUNG DI BANK SYARIAH.pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Abstrak: Skripsi ini merupakan penelitian terhadap pengaruh media promosi terhadap minat menabung masyarakat Desa Suro Muncar di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui media promosi Perbankan Syariah yang berpengaruh dalam menarik minat masyarakat untuk menabung di Bank Syariah. Media promosi yang digunakan oleh Perbankan Syariah dalam penelitian ini terbagi 3, yaitu: media televisi, media koran dan media internet. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuEsioner yang disebarkan kepada masyarakat. Dimana pada penelitian ini, sampel yang digunakan sebagai responden adalah masyarakat Desa Suro Muncar. Dengan jumlah responden sebanyak 60 orang. Dengan jumlah pertanyaan sebanyak 14 item yang terdiri dari 9 item pertanyaan untuk variabel media promosi dengan 3 pertanyaan untuk masing-masing medianya dan 5 item pertanyaan untuk variabel minat. Hasil penelitian mayoritas dari masyarakat Desa Suro Muncar mendapatkan promosi yang tinggi tentang Bank Syariah sebesar 31 % (19 orang) dan mayoritas masyarakat Desa Suro Muncar Cukup Berminat untuk menabung di Bank Syariah sebesar 33 % (20 orang). Hasil perbandingan t hitung dengan t tabel dengan taraf kesalahan 5% dan N sebanyak 60 mendapatkan hasil yakni variabel X1 diketahui t hitung 2,202 > t tabel 1,672 berarti secara parsial ada pengaruh signifikan, antara variabel promosi melalui media televisi terhadap minat masyarakat. Variabel X2 diketahui t hitung -1,887 < t tabel 1,672 berarti secara parsial tidak ada pengaruh signifikan, antara variabel promosi melalui media koran terhadap minat masyarakat. Serta variabel X3 diketahui t hitung 2,540 > t tabel 1,672 berarti secara parsial ada pengaruh signifikan, antara variabel promosi melalui media internet terhadap minat masyarakat. Sedangkan tingkat promosi melalui media televisi, koran dan internet secara simultan atau secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yakni minat masyarakat Desa Suro Muncar, dengan F hitung 4,924> F tabel 2,77 dan tingkat signifikansi 0,004 < 0,05. Dengan demikian dapat dijelaskan bahwa variabel bebas yang berupa media promosi televisi, koran dan internet secara simultan atau secara bersama-sama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat yakni minat masyarakat Desa Suro Muncar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Gunawan, M. HendraUNSPECIFIED
Istan, MuhammadUNSPECIFIED
Syaputra, Ahmad DanuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Media Promosi, Minat, dan Bank Syariah
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:22
Last Modified: 21 Feb 2023 02:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1344

Actions (login required)

View Item View Item