Konsep Al-Ghazali Tentang Adab Murid Dan Guru Dalam Kitab Ihya Ulumuddin Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern

Winda Sari, Aprilia and Mahfuz, Mahfuz and Taqiyuddin, M. (2022) Konsep Al-Ghazali Tentang Adab Murid Dan Guru Dalam Kitab Ihya Ulumuddin Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern. Sarjana thesis, IAIN CURUP.

[img] Text
Skripsi apriliawinda sari.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adapun masalah didalam penelitian adalah yang pertama, Bagaimana adab murid menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuuddin. Kedua, Bagaimana adab guru menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’Ulummuddin?. Terakhir, Bagaimana Analisis Penelitian Al-Ghazali Tentang Adab Murid dan Guru Dalam Kitab Ihya’Ulumuddin Dan Relevansinya terhadap Pendidikan Modern?. Penelitian ini bertujuan Untuk memahami adab murid menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’ Ulumuuddin, adab guru menurut Imam Al-Ghazali dalam kitab Ihya’Ulummuddin, Analisis Penelitian Al-Ghazali Tentang Adab Murid dan Guru Dalam Kitab Ihya’Ulumuddin Dan Relevansinya terhadap Pendidikan Modern. Jenis penelitian adalah penelitian kepustakaan (Library Research) yaitu suatu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur dari penelitian sebelumnya, Jenis penelitian ini digunakan oleh penulis untuk memperoleh data yang bersifat teoritis sebagai landasan teori ilmiah, yaitu dengan memilih dan menganalisa literatur-literatur yang relevan dengan judul yang akan diteliti, dengan cara mengkaji dan menelaah berbagai buku yang berkaitan dengan Konsep Al-Ghazali tentang adab murid dan guru dalam kitab ihya’ulumuddin dan relevansinya dengan pendidikan modern. Data yang telah terkumpul, kemudian dianalisis dengan menggunakan metode content analysis atau sering dinamakan dengan kajian isi, yaitu suatu metode yang menggunakan teknis sistematik untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pemikiran Imam al-Ghazali tentang konsep pendidikan akhlak sampai saat ini tetap relevan terbukti dengan banyaknya pendidik yang masih menggunakan konsep beliau. Hanya saja berbeda dalam penyajian pemikiran dan kasus yang dihadapi. Seperti halnya Imam al-Ghazali dalam mendidik sesuai dengan zaman anak tersebut dan tidak bersifat yang mutlak. Dari ini pendidikan akhlak bersifat dinamis dan dapatdiimplikasikan nilai-nilai dari konsep pendidikan akhlak tersebut pada zaman kekinian dan masih relevan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Winda Sari, ApriliaUNSPECIFIED
Mahfuz, MahfuzUNSPECIFIED
Taqiyuddin, M.UNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Adab Murid dan Guru, Pendidikan Modern
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr emeraldo nugroho
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:22
Last Modified: 21 Feb 2023 02:22
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1333

Actions (login required)

View Item View Item