Pengaruh Layanan Automatic Teller Machine (ATM) terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Komparatif Nasabah Bank Syariah Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia di IAIN Curup)

Nopita, Desi and Noprizal, Noprizal and Arifin, Rahman (2021) Pengaruh Layanan Automatic Teller Machine (ATM) terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Komparatif Nasabah Bank Syariah Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia di IAIN Curup). Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
PENGARUH LAYANAN AUTOMATIC TELLER MACHINE (ATM) TERHADAP KEPUASAN NASABAH (STUDI KOMPARATIF NASABAH BANK SYARIAH INDONES~1.pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Sektor perbankan memiliki peran yang sangat penting dalam mengembangkan perekonomian dan pembangunan nasional. Dikarenakan fungsi utama bank sebagai lembaga yang dapat menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat secara efektif dan efisien. Bank terbagi atas dua jenis yaitu bank syariah dan bank konvensional, menghadapi persaingan di sektor perbankan yang semakin ketat, kedua bank ini bersaing memberikan layanan terbaik sehingga kebutuhan dan harapan nasabah terpenuhi, kepercayaan dari masyarakat merupakan salah satu faktor pendorong kemajuan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan pendekatan kuantitatif, subjek dalam penelitian ini adalah Bank Syariah Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia. Objek penelitian ini adalah Dosen di IAIN Curup. Teknik pengumpulan data berupa kuesioner, dokumentasi, dan teknik analisis data menggunakan SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat layanan ATM terhadap kepuasan nasabah pada BSI, diperoleh nilai sig 0,000, nilai uji t 8,968. (2) Terdapat layanan ATM terhadap Kepuasan nasabah pada BRI, diperoleh nilai sig 0,000, nilai uji t 9,789. (3) Terdapat perbandingan (persamaan dan perbedaan) layanan ATM terhadap kepuasan nasabah pada BSI dan BRI. a) persamaan dari kedua varience tersebut yaitu sama-sama mimiliki pengaruh positif karena variabel layanan ATM (X) memiliki pengaruh yang positif terhadap variabel kepuasan nasabah (Y). Diperoleh nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan uji t 8,968 < 2,048 pada Bank Syariah Indonesia. Dan diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan uji t 9,789 > 2,048. b) perbedaan layanan ATM terhadap kepuasan nasabah pada BSI dan BRI, yaitu nilai koefisien determinasi pada BRI lebih tinggi jika ibandingkan dengan BSI yaitu koefisien determinasi (77,4% > 73%). Artinya layanan ATM terhadap kepuasan nasabah yang dirasakan oleh nasabah pada Bank Rakyat Indonesia jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Bank Syariah Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Nopita, DesiUNSPECIFIED
Noprizal, NoprizalUNSPECIFIED
Arifin, RahmanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Layanan ATM, Kepuasan Nasabah, Bank BSI, Bank BRI
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:21
Last Modified: 21 Feb 2023 02:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1306

Actions (login required)

View Item View Item