Strategi Pemasaran Produk Murabahah di Koperasi Syariah Barokah Curup pada Masa Pandemi Covid-19

Febriansi, Chenicen and Hendrianto, Hendrianto and Syaputra, Ahmad Danu (2021) Strategi Pemasaran Produk Murabahah di Koperasi Syariah Barokah Curup pada Masa Pandemi Covid-19. Sarjana thesis, Institut Agama Islam Negeri Curup.

[img] Text
Chenicen Febriansi (17631020).pdf - Accepted Version

Download (4MB)

Abstract

Lembaga keuangan mikro seperti Koperasi Syariah memerlukan adanya suatu strategi dari produk-produk yang ditawarkan kepada anggota, hal ini ialah salah satu upaya koperasi syariah dalam memasarkan produk pada masa pandemi covid-19. Karena dengan adanya strategi yang baik pada koperasi syariah maka eksistensi dari koperasi syariah tersebut akan selalu ada dan dapat dipercaya masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan dokumentasi, dan wawancara. Sementara teknik analisis dilakukan setelah data-data yang dibutuhkan dalam penelitian ini terkumpul. Kemudian dengan menggunakan teknik Analisis Bauran Pemasaran atau Marketing Mix, Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan teori bauran pemasaran atau marketing mix peneliti menyatakan bahwa dari tempat, produk, harga dan promosi yang ada di koperasi syariah barokah yang paling optimal dan yang paling unggul ialah dari produk dan harga yang sangat terjangkau untuk masyarakat menengah kebawah dan bisa di gunakan nasabah sesuai dengan kebutuhan. Dari segi promosi yang dilakukan oleh Koperasi Syariah Barokah Curup sudah optimal karna terbukti dari banyaknya anggota atau nasabah, sedangkan dari tempat atau kantor Koperasi Syariah Barokah Curup sudah strategis karna lokasinya tepat berada dintengah-tengah kota dan di sekelilingnya ada tempat kegiatan usaha seperti hotel dan toko kue serta sekolahan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti dari kendala-kendala yang timbul di Koperasi Syariah Barokah Curup, yang paling mempengaruhi adalah mengenai sumber daya manusia (SDM) dan Pemahaman Masyarakat terhadap Koperasi Syariah Barokah curup. Karena SDM yang dimiliki belum sesuai dengan harapan dan pemahaman masyarakat yang kurang dalam memahami koperasi syriah. Sehingga ini menjadi kendala yang sangat dirasakan oleh koperasi syariah barokah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Febriansi, ChenicenUNSPECIFIED
Hendrianto, HendriantoUNSPECIFIED
Syaputra, Ahmad DanuUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pemasaran dan Covid-19
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs hasni hartati
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:21
Last Modified: 21 Feb 2023 02:21
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1303

Actions (login required)

View Item View Item