Diana, Is and Rahman, Abdul and Rahmaningsih, Sri (2022) Persepsi Siswa Terhadap Guru Yang Mengajar Menggunakan Cadar di Smpn 2 Rejang Lebong. Sarjana thesis, IAIN Curup.
Text
Is Diana.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menutup aurat adalah perintah agama bagi setiap muslim tanpa terkecuali. Dalam hal ini menggunakan cadar bagi wanita adalah salahsatu bentuk menutup aurat. Keberadaan wanita bercadar saat ini bukanlah hal langkah terutama bagi seorang guru. Keberadaan guru yang menggunakan cadar tentu menimbulkan berbagai persepsi diantara siswa, dimana persepsi diartikan sebagai pemberian makna terhadap objek atau sesuatu berdasarkan pengalaman seseorang, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap penampilan guru yang menggunakan cadar dan bagaimana persepsi siswa terhadap interaksinya dalam penyesuaian diri sehingga dapat diterima dengan baik karena kedua hal ini sangat berpengaruh terhadap terciptanya proses belajar kondusif, berawal dari fenomena tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru yang mengajar mrnggunakan cadar di SMPN 2 Rejang Lebong. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Siswa kelas VIII dengan informan siswa kelas VIII I, VIII J dan VIII L SMPN 2 Rejang Lebong Tahun Ajaran 2021/2022. Tehhnik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian untuk tehnik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi, kemudian uji kredibilitas data menggunakan trigulasi sumber, waktu dan tehnik. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendapat siswa tentang Persepsi siswa terhadap penampilan guru yang menggunakan cadar: (1) keberadaan guru yang menggunakan cadar menimbulkan perbedaan persepsi di antara siswa. (2) persepsi awal siswa dan setelahnya akan berbeda seiring berjalannya waktu. Persepsi siswa terhadap interaksi dengan guru yang menggunakan cadar: (1) interaksi yang baik merupakan bentuk penyesuaian diri sehingga keberadaan guru yang menggunakan cadar di SMPN 2 Rejang Lebong di terima denganbaik. (2) penggunaan csdar tidak menghalangi interaksi dikarenakan sikap guru yang fleksibel dan mudah berbaur. Persepsi siswa terhadap proses belajar dengan guru yang menggunakan cadar: (1) potensi yang dimiliki guru mampu menciptakan pembelajaran yang kondusif dan membuat siswa antusias dalam belajar sehingga penggunaan cadar bukanlh hal yang dipermasalahkan. Kata kunci: Persepsi siswa, Cadar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Mrs sulistyowati | ||||||||
Date Deposited: | 21 Feb 2023 02:20 | ||||||||
Last Modified: | 21 Feb 2023 02:20 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1293 |
Actions (login required)
View Item |