Ikah, Ikah and Harun, Ulfa and Fakhruddin, Fakhruddin (2018) Analisis Terhadap Pemikiran Zakiah Daradjat Tentang Didaktik Dan Metodik Pendidikan Islam. Diploma thesis, IAIN CURUP.
Text
ANALISIS TERHADAP PEMIKIRAN ZAKIAH DARADJAT TENTANG DIDAKTIK DAN METODIK PENDIDIKAN ISLAM.pdf Download (1MB) |
Abstract
Analisis Terhadap Pemikiran Zakiah Daradjat Tentang Didaktik dan Metodik Pendidikan Islam Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran Zakiah Daradjat tentang konsep didaktik dan metodik pendidikan Islam, serta mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran didaktik dan metodik pendidikan Islam dari tokoh pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat analisis deskriptif, dengan metode komperasi dan jenis penelitian yang digunakan adalah kepustakaan atau library research, yaitu pengumpulan data yang bersifat kepustakaan. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa mempelajari dan mengidentifikasikan data-data melalui berbagai literatur bersumber pada buku primer dan buku sekunder yang berkaitan dengan tokoh yang dibahas. Adapun data primer bersumber dari personal dokumen dari Zakiah Daradjat. Dan data sekunder diperoleh dari publikasi ilmiah berupa buku, jurnal, artikel, skripsi, tesis, yang mengkaji tentang pemikiran tokoh tersebut terkait didaktik dan metodik pendidikan Islam. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa didaktik dan metodik pendidikan Islam perspektif Zakiah Daradjat adalah kemampuan seorang guru dalam kegiatan pendidikan yang seutuhnya dalam proses kegiatan belajar mengajar yang di lalui peserta didik, dimana tidak hanya memperhatikan dari segi ibadah, aqidah, atau akhlak saja, melainkan mencakup keseluruhan. Sedangkan didaktik dan metodik pendidikan Islam secara umum yaitu metodik khusus yang di gunakan seorang pengajar dalam proses belajar mengajar yang pada dasarnya pembelajarannya serta nilai pendidikannya bersangkutan dengan Islam. Tujuan pendidikan Islam yaitu, sama-sama bertujuan untuk membentuk prilaku peserta didik yang lebih baik sesuai tuntunan syariat Islam. Sedangkan menurut Zakiah Daradjat, pendidikan Islam sebagai wahana pembentukan keprbadian seseorang yang menjadi hamba Allah yang shaleh. Kemudian jika menurut Abuddin Nata, pendidikan Islam merupakan usaha berupa mengembangkan seluruh potensi peserta didik agar menjadi muslim seutuhnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||
Uncontrolled Keywords: | Didaktik; Metodik; Pendidikan Islam; Pemikiran Zakiah Daradjat | ||||||||
Subjects: | L Education | ||||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam | ||||||||
Depositing User: | Users 4 not found. | ||||||||
Date Deposited: | 19 Oct 2019 12:11 | ||||||||
Last Modified: | 19 Oct 2019 12:11 | ||||||||
URI: | http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/128 |
Actions (login required)
View Item |