Pengaruh Media Pembelajaran Berbaisis Naturalisme Terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas IV SDIT Ummatan Wahidah

Lopita, Chintia and Susilawati, Susilawati and Syaripah, Syaripah (2018) Pengaruh Media Pembelajaran Berbaisis Naturalisme Terhadap Kecerdasan Naturalis Siswa Kelas IV SDIT Ummatan Wahidah. Sarjana thesis, IAIN Curup.

[img] Text
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS NATURALISME TERHADAP KECERDASAN NATURALIS SISWA KELAS IV SD .pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya kecerdasan naturalis siswa yaitu kurangnya kepekaan siswa terhadap lingkungan dan kurangnya perhatian siswa terhadap lingkungannya. Hal tersebut dapat dilihat dari siswa yang masih membuang sampah bukan pada tempatnya, tanaman yang kurang terawat dilingkungan sekolah dan siswa masih membiarkan sampah berserekan disekitar kelasnya. Hal tersebut kemudian melatar belakangi peneliti untuk melakukan penelitian mengenai pengaruh media pembelajaran berbasis naturalisme terhadap kecerdasan naturalis siswa.Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajparan berbasis naturalisme terhadap kecerdasan naturalis siswa dan bagaimana pengaruh media pembelajaran berbasis naturalisme terhadap kecerdasan naturalis siswa kelas IV SDIT Ummatan Wadidah. Penelitian ini dilakukan di SDIT Ummatan Wahidah dengan populasi seluruh siswa kelas IV SDIT Ummatan Wahidah. Dikarenakan populasi dalam penelitian ini tergolong dalam populasi kecil maka populasi tersebut dijadikan sebagai objek penelitian dengan jumlah 18 siswa, terdiri dari 10 siswa perempuan dan 8 siswa laki-laki. penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan dengan menggunakan korelasi product moment. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh antara media pembelajaran berbasis naturalisme terhadap kecerdasan naturalis siswa yang ditunjukkan hasil korelasi r_(hitung )sebesar 0,887 setelah dikonsultasikan pada r_(tabel )hasil r_(hitung )berada diantara 0,70-0,90 hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang kuat antara media pembelajaran berbasis naturalisme terhadap kecerdasan naturalis siswa . Penggunaan media pembelajaran berbasisnaturalisme juga berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan naturalis ditunjukkan oleh hasil uji T-test t_(hitung )sebesar 7,68 yang lebih besar dari t_(tabel ).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Creators:
CreatorsEmail
Lopita, ChintiaUNSPECIFIED
Susilawati, SusilawatiUNSPECIFIED
Syaripah, SyaripahUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, naturalisme, kecerdasan naturalis
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs yuni hartini
Date Deposited: 20 Feb 2023 09:47
Last Modified: 20 Feb 2023 09:47
URI: http://e-theses.iaincurup.ac.id/id/eprint/1254

Actions (login required)

View Item View Item